PENENTUAN KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN FENOLIK TOTAL EKSTRAK KASAR TERIPANG PASIR (Holothuriascabra) DARI PANTAI KENJERAN SURABAYA

Juliyantoro Ali Wafa, Tri Kustono Adi, Ahmad Hanapi, Ahmad Ghanaim Fasya

Abstract


Kapasitas antioksidan dan fenolik total ekstrak teripang pasir (Holothuriascabra) dari Pantai Kenjeran, Surabaya telah dianalisis. Ekstrak kasar diperoleh dengan maserasi-partisi menggunakan metanol dan n-heksana. Penentuan kapasitas antioksidan dari kedua ekstrak kasar metanol dan n-heksana dilakukan menggunakan uji DPPH, sedangkan fenolik total menggunakan metode Folin-Ciocalteau. Uji reagen dan Kromatografi Lapisan Tipis (KLT) juga dilakukan untuk identifikasi awal dan pemisahan senyawa yang tidak diketahui dari ekstrak keduanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol dan n-heksana memiliki kapasitas antioksidan 78,92% dan 94,82%. Fenolik total ekstrak metanol dan n-heksan yang diperoleh sebesar 69,09 mg EAG/g sampel dan 58.01 mg EAG/g sampel. Identifikasi awal dari ekstrak kasar menunjukkan adanya senyawa triterpenoid pada ekstrak metanol dan senyawa saponin pada ekstrak n-heksana. KLT pada ekstrak metanol menggunakan n-butanol:NH4OH (4:1) diperoleh empat spot.


Keywords


Holothuria scabra, DPPH, Fenolik Total, Antioksidan, KLT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/al.v0i0.2901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kirim NME Creative Commons

This work is licensed under NME Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
ALCHEMY is managed by  http://kimia.uin-malang.ac.id/
© All rights reserved 2016. Alchemy, Journal of Chemistry, eISSN 2460-6871

 

View My Stats