UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KASAR ETANOL, KLOROFORM DAN N-HEKSANA ALGA COKLAT Sargassum vulgare ASAL PANTAI KAPONG PAMEKASAN TERHADAP BAKTERI Staphilococcus aureus dan Eschericia coli

Alfiyaturrohmah Alfiyaturrohmah, Rachmawati Ningsih, Eriyanto Yusnawan

Abstract


Uji aktivitas antibakteri ekstrak kasar etanol, kloroform dan n-heksan alga coklat S. vulgare asal pantai Kapong Pamekasan dilakukan terhadap bakteri S. aureus dan E. coli. Tujuan penelitian untuk mengetahui ekstrak pelarut terbaik yang mempunyai aktivitas antibakteri serta mengidentifikasi golongan senyawa aktif yang terkandung dalam ekstrak yang berpotensi sebagai antibakteri.

Ekstraksi senyawa aktif alga coklat dilakukan dengan metode maserasi pelarut etanol, kloroform dan n-heksana. Ekstrak kasar diuji aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi cakram. Senyawa aktif yang dikandung diuji fitokimia dan dipisahkan golongan senyawa menggunakan KLT.

Hasil penelitian menunjukkan ekstrak kloroform alga coklat memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri S. aureus pada konsentrasi 1 % dan terhadap E. coli pada konsentrasi 5%. Hasil uji fitokimia terdeteksi golongan senyawa flavonoid dan steroid. Pemisahan menggunakan KLT eluen kloroform-metanol (99:1) menghasilkan 9 spot dengan nilai Rf 0,017−0,46. Eluen kloroform-metanol (9:1) menghasilkan 7 spot dengan nilai Rf 0,17−0,91.


Keywords


Alga coklat S. vulgare, aktivitas antibakteri, Uji fitokimia, KLT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/al.v0i0.2906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kirim NME Creative Commons

This work is licensed under NME Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
ALCHEMY is managed by  http://kimia.uin-malang.ac.id/
© All rights reserved 2016. Alchemy, Journal of Chemistry, eISSN 2460-6871

 

View My Stats