UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT, KLOROFORM, PETROLEUM ETER, DAN N-HEKSANA HASIL HIDROLISIS EKSTRAK METANOL MIKROALGA Chlorella sp.

Ony Novia Anggraeni, Ahmad Ghanaim Fasya, Ahmad Hanapi

Abstract


Al Qur’an surat Luqman ayat 10 menyebutkan bahwa Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. Chlorella sp. merupakan jenis mikroalga yang mengandung komponen bioaktif sebagai antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan fraksi etil asetat, kloroform, petroleum eter dan n-heksana hasil hidrolisis ekstrak metanol mikroalga Chlorellasp., serta mengetahui golongan senyawa yang terdapat pada ekstrak mikroalga Chlorellasp. hasil identifikasi dari uji reagen dan kromatografi lapis tipis.

Chlorella sp. dikultivasi dalam MET 4 % dan pemanenan dilakukan pada hari ke-10. Chlorella sp. dimaserasi menggunakan metanol dan dihidrolisis dengan katalis HCl 2N. Selanjutnya dipartisi menggunakan pelarut n-heksana, petroleum eter, kloroform, dan etil asetat.Uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH secara spektrofotometri UV-Vis. Identifikasi golongan senyawa aktif dilakukan dengan  uji reagen dan KLTA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai EC50 ekstrak metanol Chlorella sp., fraksi etil asetat, kloroform, petroleum eter, n-heksana, danfasa air berturut-turut 1.334; 332,7; 182; 27,26; 173,7; dan 1.411 ppm. Hasil identifikasi golongan senyawa aktif dengan uji reagen dan KLTA menunjukkan bahwa ekstrak Chlorella sp. mengandung steroid dan asam askorbat. Eluen yang baik untuk KLT steroid adalah n-heksana:aseton (7:3) dan n-heksana:etil asetat (7:3). Eluen terbaik untuk KLT asam askorbat adalah etanol p.a.:asam asetat 10% (9:1).


Keywords


Chlorella sp., Hidrolisis, Antioksidan, DPPH, KLT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/al.v0i1.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kirim NME Creative Commons

This work is licensed under NME Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
ALCHEMY is managed by  http://kimia.uin-malang.ac.id/
© All rights reserved 2016. Alchemy, Journal of Chemistry, eISSN 2460-6871

 

View My Stats