UJI TOKSISITAS DAN FITOKIMIA EKSTRAK KASAR METANOL, KLOROFORM DAN n-HEKSANA ALGA COKLAT SARGASSUM VULGARE DARI PANTAI KAPONG PAMEKASAN MADURA

Miftahul Jannah, Ahmad Hanapi, Ahmad Ghanaim Fasya

Abstract


Sargassum vulgare merupakan spesies alga coklat (Phaeophyceae) yang khas dari pantai Kapong Pamekasan Madura, yang diduga memiliki senyawa-senyawa metabolit sekunder. Senyawa-senyawa tersebut kemungkinan merupakan senyawa bioaktif yang dapat digunakan dalam dunia farmakologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat toksisitas dan golongan senyawa aktif pada Sargassum vulgare.

Ekstraksi senyawa aktif Sargassum vulgare dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol, kloroform dan n-heksana. Masing-masing ekstrak diuji toksisitasnya terhadap larva udang Artemia salina L. Data kematian A. salina dianalisis dengan analisis probit Minitab 16 untuk mengetahui nilai LC50 masing-masing ekstrak. Selanjutnya dilakukan identifikasi golongan senyawa aktif dengan uji reagen dan dilanjutkan dengan KLTA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji toksisitas ekstrak metanol, kloroform dan n-heksana terhadap larva udang S. salina L. diperoleh nilai LC50 secara berturut-turut sebesar 139,098 ppm, 39,6343 ppm dan 39,8759 ppm. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak metanol, kloroform dan n-heksana adalah steroid. Hasil ini diperkuat dengan KLTA menggunakan eluen terbaik, untuk ekstrak metanol eluen n-heksana:etil asetat (7:3) menghasilkan 5 spot dengan nilai Rf 0,075-0,875. Ekstrak kloroform eluen n-heksana:aseton (7:3) menghasilkan 18 spot dengan nilai Rf 0,037-0,975. Dan ekstrak n-heksana eluen n-heksana:etil asetat (7:3) menghasilkan 8 spot dengan nilai Rf 0,05-0,962.

Keywords


Alga coklat (Sargassum vulgare), toksisitas, uji fitokimia, KLTA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/al.v0i1.2915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kirim NME Creative Commons

This work is licensed under NME Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
ALCHEMY is managed by  http://kimia.uin-malang.ac.id/
© All rights reserved 2016. Alchemy, Journal of Chemistry, eISSN 2460-6871

 

View My Stats