Pemodelan Pertumbuhan Zea Mays L. Menggunakan Sthochastic L-System

Juhari Juhari

Abstract


L-Systems memiliki fleksibilitas dalam mensimulasikan struktur dan proses pengembangan pertumbuhan tanaman secara visual dan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan pertumbuhan tanaman jagung menggunakan L-Systems dan memvisualisasikan model pertumbuhan tanaman jagung tersebut dari kecil hingga dewasa dalam ruang dimensi tiga. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yang diawali dari identifikasi kebutuhan data tehadap pertumbuhan tanaman jagung (Zea Mays L.). Tahap kedua, membangun model secara manual yang meliputi identifikasi dan penentuan komponen L-Systems (huruf, aksioma, dan aturan produksi). Tahap ketiga, melakukan simulasi dan visualisasi model pertumbuhan tanaman jagung yang telah didapat menggunakan processing dengan bahasa java dalam ruang dimensi tiga. Ketiga tahapan tersebut menghasilkan model Stochastic L-Systems dari pertumbuhan tanaman jagung dalam ruang dimensi tiga. Visualisasi model tanaman jagung yang telah dihasilkan pada penelitian ini lebih menekankan pada penyempurnaan model yang dilakukan pada penelitian sebelumnya terutama pada pewarnaan, pembentukan batang, dan adanya tulang daun pada tanaman jagung setiap iterasinya. Model tanaman jagung divisualisasikan mulai dari kecil hingga dewasa (fase vegetatif) yang memiliki tulang daun dan kelengkungan daun berbeda dari daun bawah sampai pada daun atas. Tanaman jagung yang divisualisasikan hanya terbatas sampai 8 iterasi saja yang sudah mampu mewakili pertumbuhan tanaman jagung pada fase vegetatif

Keywords


Tanaman jagung (Zea Mays L.), Pemodelan, Stochastic L-systems

Full Text:

PDF

References


Chuai-Aree, S., Siripant, S., and Lursinsap, C. 2000. Animating Plant Growth in L-System By Parametric Functional Symbols. Thailand : Department of Mathematics.

Ashlock D., K. M. Bryden, and S. P. Gent. 2004. Simultaneous Evolution of Bracketed L-system Rules and Interpretation. Canada : Mathematics and Statistics University of Guelph.

Luis, D., Ding, Y., and Jingyi, Y. 2010. Modeling Complex Unfoliaged Trees from a Sparse Set of Images. USA : University of Delaware.

Mishra, J., dan Mishra, S. 2007. L-System Fractal. Netherland : Elsevier

Prusinkiewicz, P. and Lindenmayer, A. 1990. The Algorithmic Beauty Of Plants. New York : Springer-Verlag

Yodthong, R., Siripant, S., Lursinsap, C. 2005. Modeling Leaf Shapes Using L-systems and Genetic Algorithms. Thailand : Faculty of Engineering, Chulalongkorn University.

Viruchpintu, R and Khiripet, N. 2006. Real-time 3D Plant Structure Modeling by L-System with Actual Measurement Parameters. Thailand : National Electronics and Computer Technology Center, Pathumthani




DOI: https://doi.org/10.18860/ca.v3i1.2572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Juhari Juhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Mathematics Department,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Gajayana Street 50 Malang, East Java, Indonesia 65144
Faximile (+62) 341 558933
e-mail: cauchy@uin-malang.ac.id

Creative Commons License
CAUCHY: Jurnal Matematika Murni dan Aplikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.