Analisis metode binomial dipercepat pada perhitungan harga opsi Eropa

Istiqomah Istiqomah, Abdul Azis

Abstract


Model umum yang digunakan dalam perhitungan harga opsi Eropa adalah model Black Scholes. Kemudian ditemukan suatu metode baru yang merupakan aproksimasi dari model Black Scholes yaitu metode Binomial. Akan tetapi, perhitungan harga opsi Eropa menggunakan metode Binomial membutuhkan partisi waktu yang banyak untuk bisa mendekati model kontinu Black Scholes. Untuk mempercepat kekonvergenan aproksimasi harga opsi Eropa maka digunakan pengembangan dari model Binomial yaitu Binomial Dipercepat. Langkah yang dilakukan dalam metode Binomial Dipercepat adalah melakukan pemulusan kurva harga opsi yang disebut dengan Middle of Tree (MOT). Sebelum melakukan pemulusan kurva tersebut yang dilakukan terlebih dahulu adalah memisahkan partisi waktu yang digunakan yaitu partisi waktu ganjil dan genap. Asumsi yang digunakan pada MOT adalah dengan meletakkan harga ketentuan di tengah pohon binomial pada saat jatuh tempo. Dari asumsi tersebut didapatkan parameter u dan p yang akan digunakan dalam pemulusan kurva MOT. Dengan menggunakan parameter MOT tersebut diperoleh hasil dari harga opsi Eropa yang bisa mendekati harga kekonvergenan Black Scholes dengan partisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan metode Binomial

Keywords


Opsi Eropa; Binomial; Binomial Dipercepat; Middle of Tree (MOT)

Full Text:

PDF

References


S. M. Ross, An introduction to mathematical finance: options and other topics, vol. 36. Cambridge university press Cambridge, 1999.

R. J. Rendleman and B. J. Bartter, “Two State Option Pricing,” J. Finance, vol. 34, no. 5, pp. 1093–1110, 1979.

R. Seydel and R. Seydel, Tools for computational finance, vol. 4. Springer, 2002.

T. R. Klassen, “Simple, fast, and flexible pricing of Asian options,” J. Comput. Financ., vol. 4, no. 3, pp. 89–124, 2001.

A. Aziz, “Empat Bentuk Nilai Parameter-parameter u, d, dan p dalam Binomial Harga Saham,” 2004. [Online]. Available: http://blog.uin-malang.ac.id/abdulaziz/files/2010/08/Abdul-Aziz-Empat-Bentuk-Solusi-Model-Binomial-fulltext_1.pdf. [Accessed: 06-Nov-2014].




DOI: https://doi.org/10.18860/ca.v3i2.2581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Mathematics Department,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Faximile (+62) 341 558933
e-mail: cauchy@uin-malang.ac.id

Creative Commons License
CAUCHY: Jurnal Matematika Murni dan Aplikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.