Deskripsi Pengaruh Parameter Terhadap Kestabilan Perilaku Sistem Bandul Ganda Sederhana

Thoufina Kurniyati

Abstract


Sistem bandul ganda sederhana merupakan pengembangan sistem bandul sederhana. Penurunan model bandul ganda sederhana berasal dari persamaan Euler-Lagrange. Sistem bandul ganda sederhana didapatkan dengan asumsi besar sudut perpindahan benda pertama maupun benda kedua sangat kecil.Penelitian terdahulu [1] membahas mengenai kestabilan dan solusi eksak dari sistem bandul ganda sederhana, selanjutnya pada penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan kestabilan perilaku pada sistem dengan parameter yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem memiliki titik tetap trivial, nilai eigen imajiner murni yang berarti sistem berayun di sekitar titik tetap, dan solusi sistem berupa solusi periodik untuk perubahan besar sudut benda pertama dan kedua (πœƒ1,πœƒ2) serta solusi quasiperiodic untuk laju kecepatan benda satu dan benda dua (πœƒΜˆ1,πœƒΜˆ2). Perubahan parameter tidak mempengaruhi kestabilan sistem bandul ganda sederhana.

Keywords


sistem bandul ganda sederhana; analisis perilaku; titik tetap; nilai eigen; vektor eigen; solusi periodik; solusi quasiperiodic

Full Text:

PDF

References


Amanto and La Zakaria, "Solusi Eksak dan Kestabilan Sistem Bandul Ganda sederhana," Jurnal Sains MIPA, pp. 23-32, 2008.

Asep K. Supriatna, "Matematika dan Contoh Penerapan Matematika dalam Disiplin Ilmu Lain," Matematika Integratif, pp. 1-7, 2002.

Robert Resnick and David Halliday, Physics, 3'th Edition. Jakarta: Erlangga, 1978.

Howard Anton, Elementary Linier Algebra, Jilid I. Bandung: Erlangga, 1997.

R C Robinson, An Introduction to Dynamical System Continous and Discrete. Western: American Mathematical Society , 2012.




DOI: https://doi.org/10.18860/ca.v3i3.2937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Thoufina Kurniyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Mathematics Department,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Gajayana Street 50 Malang, East Java, Indonesia 65144
Faximile (+62) 341 558933
e-mail: cauchy@uin-malang.ac.id

Creative Commons License
CAUCHY: Jurnal Matematika Murni dan Aplikasi isΒ licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.