Analisis Klaster K-Means dari Data Luas Grup Sunspot dan Data Grup Sunspot Klasifikasi Mc.Intosh yang membangkitkan Flare Soft X-Ray dan H-alpha

Siti Jumaroh, Nanang Widodo

Abstract


Analisis klaster merupakan teknik interpendensi yang mengelompokkan suatu objek berdasarkan kemiripan dan kedekatan jarak antar objek. Pengelompokan objek dengan jumlah banyak membutuhkan waktu yang lama. Salah satu analisis klaster yang dapat digunakan dalam situasi ini adalah analisis klaster non hierarki, yaitu K-means. Pada artikel ini mengelompokkan data luas grup sunspot dan data grup sunspot klasifikasi Mc.Intosh yang membangkitkan flare soft X-Ray dan Hα. Untuk mengetahui luas grup sunspot dan grup sunspot klasifikasi Mc.Intosh yang berpeluang membangkitkan flare soft X-Ray dan Hα dengan intensitas ledakan yang tinggi dan rendah. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh dua klaster yaitu klaster pertama yang tergolong mampu membangkitkan flare Soft X-Ray dan Hα dengan intensitas yang tinggi. Sedangkan klaster kedua yang tergolong mampu membangkitkan flare Soft X-Ray dan Hα dengan intensitas yang rendah

Keywords


analisis klaster; flare; luas grup sunspot dan grup sunspot klasifikasi Mc.Intosh

Full Text:

PDF

References


R. Sitepu, Irmehyana and B. Gulton, "Analisis Cluster terhadap Tingkat Pencemaran Udara pada Sektor Industri di Sumatera Selatan," Jurnal Penelitian Sains, pp. 11-17, 2011.

Widarjono, Analisis Statistika Multivariat Terapan, Yogjakarta: Unit Penerbit dan Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2010.

Narimawati, Teknik-teknik Analisis Multivariat Riset Ekonomi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

A. Abdillah, Analisis Klaster pada Grup Sunspot Klasifikasi Mc. Intosh Yang Berpotensi Membangkitkan Flare (Data Noaa, Studi Kasus di BPD LAPAN Watukosek)., Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang., 2014.

Gundono, Analisis Data Multivariat, Yogjakarta: BPFE-YOGJAKARTA, 2011.

S. Yulianto and K. H. Hidayatullah, "Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat," jurnal statistik, pp. 56-63, 2014.

S. Ghosh and S. K. Dubey, "Comperative Analysis of K-Means and Fuzzy C-Means Alogarithms," Internasional Journal of Advancea Computer Science and Applications, pp. 35-39, 2013.

B. Nurgiyantoro, Statistik Terapan, Yogjakarta: Gadja Mada University Press, 2009.

A. Yamami, "Klasifikasi Flare Matahari," 8 Agustus 2010. [Online]. Available: http://langitselatan.com/2010/08/08/klasifikasi-flare-matahari/. [Accessed 15 Februari 2015].

M. Nathanael, "Flare Matahari dan Pengamatannya," 31 Agustus 2010. [Online]. Available: http://langitSelatan.com/2010/08/31/flare-matahari-danpen




DOI: https://doi.org/10.18860/ca.v4i1.3166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Siti Jumaroh, Nanang Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Mathematics Department,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Gajayana Street 50 Malang, East Java, Indonesia 65144
Faximile (+62) 341 558933
e-mail: cauchy@uin-malang.ac.id

Creative Commons License
CAUCHY: Jurnal Matematika Murni dan Aplikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.