PEMODELAN DAN PEMBUATAN SIMULASI KESTABILAN RESPON TRANSIEN MOTOR DC MENGGUNAKAN GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) PADA MATLAB

Mokhamad Tirono, Nurun Nayiroh

Abstract


Motor DC (Direct Current) adalah motor yang digerakkan oleh energi listrik DC. Salah satu jenis motor DC tersebut ialah motor DC magnet permanen yang banyak ditemui penggunaannya baik di industri maupun di rumah tangga. Terapan motor DC kebanyakan merupakan sistem yang memerlukan pengatur kecepatan. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan respon transien yang stabil dan performansi yang baik pada sistem motor DC.
Sistem motor DC dimodelkan berdasarkan persamaan kesetimbangan torsi dan persamaan rangkaian listrik pada jangkar yang berlaku pada sistem tersebut. Kemudian model dari pengontrol ditentukan dan dirangkai menjadi sistem loop tertutup dengan sistem motor DC. Fungsi alih loop tertutup yang sudah didapat digunakan sebagai dasar pembuatan program simulasi respon transien menggunakan GUI pada Matlab versi 6.5.
Hasil pegujian terhadap penalaan pengontrol baik pengontrol Proporsional, Proprosional Integral (PI) maupun Proporsional Integral Diferensial (PID) dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pengontrol PID dengan nilai Kp=17 , Ki=200, dan Kd=0.15  semua permintaan desain terpenuhi dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi nilai kestabilan yang baik pada sistem motor DC yaitu respon sistem mencapai settling time sekitar 40 ms, overshoot tereduksi lebih kecil dari 16%, dan tidak ada kesalahan keadaan tunak.

Kata kunci: pemodelan, simulasi, kestabilan, motor DC


Keywords


pemodelan; simulasi; kestabilan; motor DC

Full Text:

PDF PS


DOI: https://doi.org/10.18860/neu.v0i0.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Mokhamad Tirono, Nurun Nayiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Editorial Office of Jurnal Neutrino:
Department of Physics, Faculty of Sains and Technology, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
B.J. Habibie 2nd Floor
Gajayana st. No.50 Malang 65144
Telp. +62 813-4090-1818
Email: neutrino@uin-malang.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 

View My Stats