APLIKASI METODE GEOLISTRIK DALAM SURVEY POTENSI HIDROTHERMAL (STUDI KASUS: SEKITAR SUMBER AIR PANAS KASINAN PESANGGRAHAN BATU)

Ika Yulia Sulistyarini, Irjan

Abstract


Panas bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak memberikan manfaat untuk manusia sehingga perlu adanya penelitian untuk mengeksplorasi keberadaan air panas di daerah sekitar sumber air panas Kasinan Pesanggrahan Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar potensi air panas (hydrothermal) di daerah penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Geolistrik Resistivitas konfigurasi Wenner Sounding and Mapping dan pengukuran dilakukan dengan menggunakan resistivitymeter MGG 1260.
Hasil penelitian menunjukkan lapisan penyusun bawah permukaan pada lintasan B dan C tidak kontinu dan didominasi oleh lapisan yang tidak memiliki sifat pembawa air panas yang berupa batuan lava dan campuran batuan lava dengan andesit yang menunjukkan kemas tertutup dan porositas batuan jelek. Potensi air panas masih kecil dan diduga air panas yang muncul ke permukaan berasal dari aliran air panas dari arah songgoriti-cangar. Air panas tersebut muncul ke permukaan diduga karena adanya rekahan batuan di bawah permukaan.

Kata Kunci : Air Panas (Hidrothermal), Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner, Potensi air panas.


Keywords


Air Panas (Hidrothermal); Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner; Potensi air panas

Full Text:

PDF PS


DOI: https://doi.org/10.18860/neu.v0i0.1660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Ika Yulia Sulistyarini, Irjan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Editorial Office of Jurnal Neutrino:
Department of Physics, Faculty of Sains and Technology, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
B.J. Habibie 2nd Floor
Gajayana st. No.50 Malang 65144
Telp. +62 813-4090-1818
Email: neutrino@uin-malang.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 

View My Stats