PEMANFAATAN REFLEKTOR TERKONTROL UNTUK PROSES PEMERCEPAT PENGERINGAN KAYU MEBELER

Rickyanto, Imam Tazi

Abstract


Proses pengeringan kayu mebeler dengan menjemur di bawah sinar matahari memerlukanwaktupengeringan  yang lama untuk mencapai massa kering maksimum. Selain itu cacat kayu yang diakibatkan oleh cuaca di lingkungan tidak bisa dihindarkan.Oleh karena itu diperlukan sebuah alat yang mampu memberi solusi masalah tersebut.
pada skripsi inidirancang alat pengering kayu mebeler   yang portabel dan mobile menggunakan tenaga matahari dengan kolektor surya plat   hitam dan memanfaatkan dua cermin reflektor untuk mengoptimalkan panas dalam oven. Alat yang dirancang berbentuk balok   berkaki dengan ukuran luas balok2 m x 1 m x 0.6 m, dengan panjang kaki berukuran 0.6 m.
Pengering menggunakan reflektor terkontrol dicoba untuk mengeringkan 5 sampel bahan uji (kayu) dengan massa yang berbeda. Begitu pula pada oven non reflektor dan juga pengeringan menggunakan sinar matahari langsung.Target pengeringan   dengan alat ini adalah memperoleh   hasil penguapan kadar air yang maksimum dan waktu kering maksimum yang  minimum.Dari serangkaian percobaan diperoleh hasil pengeringan yang menunjukkan bahwa alat ini lebih optimal. Waktu yang dibutuhkan untuk kering kayu maksimal lebih cepat, begitu pula prosentasi penguapan air menunjukkan nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan pengeringan yang lain.

Kata kunci: Pengeringan, Energi Matahari, Oven, Reflektor, kadar air


Keywords


Pengeringan; Energi Matahari; Oven; Reflektor; kadar air

Full Text:

PDF PS


DOI: https://doi.org/10.18860/neu.v0i0.1937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Rickyanto, Imam Tazi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Editorial Office of Jurnal Neutrino:
Department of Physics, Faculty of Sains and Technology, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
B.J. Habibie 2nd Floor
Gajayana st. No.50 Malang 65144
Telp. +62 813-4090-1818
Email: neutrino@uin-malang.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 

View My Stats