INTEGRATING THE PROGRAM OF SCHOOL CURRICULUM AND PESANTREN EDUCATION; CASE STUDY ON THE PESANTREN LOCATED IN THE MADRASAH AT MALANG CITY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (2013). Perkembangan pesantren dan madrasah di Indonesia dari masa kolonial sampai orde baru. Paramita, 23(2), 193–207.
Ali, N. (2008). Manajemen pengembangan kurikulum sekolah menengah kejuruan di lingkunan pesantren. PPS Universitas Negeri Malang.
Ali, N. (2019a). Integrative curriculum of religion and science at special pesantren for univerity students. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 20(1), 95–122. https://doi.org/10.18860/ua.v20i1.6353
Ali, N. (2019b). Pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran pada sekolah kejuruan di lingkungan pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 48–59.
Antoro, B. (2017). Gerakan literasi sekolah dari pucuk hingga akar: Sebuah refleksiitle. Jakarta: Kemendikbud.
Dahlan, M. Z. (2016). Internalisasi pendidikan karakter di Sekolah. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(1), 155–172.
Fakhruddin, U., & Saepudin, D. (2018). Integrasi dalam sistem pembelajaran di pesantren. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 94–113. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1355
Fauzan, P. I., & Fata, A. K. (2019). Jaringan pesantren di Jawa barat tahun 1800-1945: Critical review atas disertasi “Jaringan pesantren di priangan 1800-1945” Karya Ading Kusdiana. Jurnal Lektur Keagamaan, 17(1), 139–168. https://doi.org/10.31291/jlk.v17i1.602
Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum (cet. perta). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasri. (2014). Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam. Al-Khwarizmi, II(I), 69–84.
Jamasri. (2018). Metode penanaman nilai sosial pada santri di pondok pesantren salafiyah dan implementasinya dalam legiatan masyarakat pulutan lor rw 02 kecamatan sidorejo kota salatiga tahun 2018. PKn Progresif, 13(2), 1–10. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2099
Karimah, U. (2018). Pondok pesantren dan pendidikan : Relevansinya dalam tujuan pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137–154. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.50
Kemenag. (2019). Pedomn implementasi integrasi ilmu di perguruan tinggi keagmaan islam ( PTKI ) Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kondrakova, E. D. (2018). The program me of Pyatigorsk state university on counter extremism activities on the territory of the educational organization and student dormitories. International Journal of Engineering & Technology, 7(2), 56–61.
Mahzar, A. (2005). Integrasi sains dan agama: model dan metodologi. In Integrasi ilmu dan agama: Interpretasi dan aksi (pp. 92–100). Bandung: Mizan.
Mukhibat, M. (2016). Meneguhkan kembali budaya pesantren dalam merajut lokalitas, nasionalitas, dan globalitas. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 177–192. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.717
Nasir, M. (2015). Kurikulum madrasah: Studi perbandingan madrasah di Asia. Nadwa, 9(2), 145–166. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.2.524
Print, M. (1992). Curriculum development and design (Fourth, Ed.). North Sudney: Allen & Unwin.
Rohmah, M. R., & Arifin, Z. (2017). Eksistensi dan pengembangan kurikulum madrasah aliyah program keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 369–384. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-11
Saifuddin, A. (2015). Eksistensi kurikulum pesantren dan kebijakan pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 207–234. https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.207-234
Styaningsih, R. (2016). Kontinuitas pesantren dan madrasah di Indonesia. At Ta’Dib, 11(1), 167–183. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.651
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Yusuf, M. (2017). Dinamika integrasi dan sekolah dalam pendidikan kontemporer di Indonesia. Al-Murabbi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.1021/la048177k
DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v5i1.9527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Abjadia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Mailing Address:
Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Phone/Faximile: (+62341) 552398, Phonsel: +6281333666063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com
Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: