PENGARUH PEMBELAJARAN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA MANAJER DAN KINERJA UNIT BISNIS (Studi Pada Koperasi Pengelola Susu Sapi Perah Di Jawa Timur)

Salim Al Idrus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kinerja manajer, (2) kepuasan kerja terhadap kinerja manajer, (3) orientasi pasar terhadap kinerja manajer, (4) pembelajaran organisasi terhadap kinerja unit bisnis, (5) kepuasan kerja terhadap kinerja unit bisnis, (6) orientasi pasar terhadap kinerja unit bisnis dan (7) kinerja manajer terhadap kinerja unit bisnis.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubungan kausal antar variabel penelitian yang dikemas dalam analisis jalur (path analysis). Penelitian ini dilakukan pada koperasi pengelola susu sapi perah di Jawa Timur dengan sampel 33 koperasi. Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling. Data penelitian diambil melalui kuesioner. Pernyataan yang dikembangkan melalui instrumen diproses dengan menggunakan software SPSS versi 13.0.
Temuan hasil penelitian mengungkapkan bahwa semakin tinggi pembelajaran organisasi, kepuasan kerja, dan orientasi pasar, maka semakin tinggi pula kinerja unit bisnis yang dihasilkan. Sedangkan pada variabel kinerja manajer, semakin tinggi kinerja yang dilakukan manajer dapat menurunkan kinerja unit bisnis koperasi.


Keywords


Saintek; Ekonomi; Pembelajaran Organisasi; Kepuasan Kerja; Orientasi Pasar; Kinerja Manajer; dan Kinerja Unit Bisnis Sapi Perah

Full Text:

PDF PostScript


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/iq.v2i3.233



Editorial Office:
Management Department,
Faculty of Economics,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim
Gajayana Str. No. 50 Phone. (0341) 558881,
E-mail: iqtishoduna@uin-malang.ac.id

E-ISSN 2614-3437
P-ISSN 1829-524X

Lisensi Creative Commons
IQTISHODUNA under CC BY SA 4.0 Internasional.

Indexed by: 

Hasil gambar untuk gambar onesearchResearchBib

Member of: