ETIKA BISNIS ISLAM: TEORI DAN APLIKASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Laili Latifah Puspitasari

Abstract


Abstract

The business world cant be separated from business ethics. Many research results indicate apositive relationship between business ethics and corporate success. So far, dishonest business practices, which is only concern of the maximum benefit and cause negative effect for other will lead to company breaking, even a big company. Become aware of business ethic, people began to emphasize the importance of relationship factorsin business ethics. So the purpose of this research was to analyze the application of Islamic business ethicson profitability of Rumah Yoghurt based on employee prespective. This research used a qualitative descriptive approach, which systematically describes the focus of research on the relationship of the application of Islamic business ethics on profitability of the company based on employee perspective. Research subjects were 30 employees Rumah Yoghurt. Analysis of the data conducting in four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the islamic bussiness ethics which was adopted by Rumah Yoghurt become the effective way in improving profitability of the company. It was proven by the average overall score of high employee questionnaire results, both on the ethical a spects of management, marketing ethics, and environmental ethic. Running its business and operations, rumah yoghurt has islamic bussiness ethic standart which become guideline for entire business activities and operations. Implementation of those standart properly will lead to profitability increase.

Abstrak

Dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dari etika bisnis. Banyak hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara etika bisnis dan kesuksesan perusahaan. Pada akhirnya praktek bisnis yang tidak jujur, hanya memikirkan keuntungan maksimal dan merugikan pihak lain akan membawa perusahaan besar sekalipun akan hancur. Bersama dengan semakin besarnya kesadaran etika dalam berbisnis, orang mulai menekankan pentingnya keterkaitan faktor-faktor etika dalam bisnis. Maka tujuan dari penelitian ini adalah analisis penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat profitabilitas Rumah Yoghurt berdasarkan perspektif karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yaitu hubungan penerapan etika bisnis Islam dengan tingkat profitabilitas perusahaan berdasarkan perspektif karyawan. Subjek penelitian merupakan 30 orang karyawan Rumah Yoghurt. Analisis data melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam yang diterapkan oleh mayoritas karyawan efektif dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Hal tersebut dibuktikan dari keseluruhan rata-rata skor hasil kuisioner karyawan yang tinggi, baik pada aspek etika manajemen, etika pemasaran, maupun etika lingkungan. Dalam menjalankan kegiatan usaha dan operasionalnya, Rumah Yogurt memiliki standar pedoman etika bisnis Islam yang dijadikan landasan seluruh kegiatan usaha dan operasional perusahaan. Apabila perusahaan dapat menerapkan pedoman etika bisnis Islam tersebut dengan baik dan secara berkelanjutan, maka diyakini oleh sebagian besar karyawan, tingkat profitabilitas perusahaan akan meningkat.


Keywords


Etika Bisnis Islam; etika manajemen; etika pemasaran; etika lingkungan;

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/em.v7i2.3884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
El Muhasaba: Jurnal Akuntansi (E-ISSN: 2442-8922) oleh http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/el-muhasaba disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats