Motivasi Belajar Sains Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19

afi maghfiroh, choirul anam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Belajar Sains Siswa Terhadao Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) berbasis studi kasus. Metode yang digunakan dalam peelitian ini metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Data yang dikumpulkan melalui metode obeservasi, dokumentasi, serta wawancara. Wawancara di lakukan kepada guru. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran Sains selama adanya pandemi Covid-19 di SDN Sidomukti Bojonegoro dilakukan dengan cara daring/online dari rumah, Metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar yang dialami peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Seperti dalam hal ini, metode pembelajaran daring/online yang digunakan selama pandemi covid-19, dan saat guru memberikan soal kepada mereka, mereka terkesan kesulitan menjawab soal tersebut. Sehingga dengan tidak adanya motivasi belajar dari siswa, siswa tidak dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tingginya pada saat guru menyampaikan materi dan memberikan soal


Keywords


Motivasi; Belajar; Berpikir Tinggi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 198–209.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Haq, A. (2018). Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 193–214.

Indah, M. Y. N., Yanti, M. M., Arifi, Y., Pawestri, A. A. M., & Hermahayu, H. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal VARIDIKA, 32(1), 61–69.

https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11141

Jufri, D. A. W. (n.d.). Belajar dan Pembelajaran Sains. 209.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. 745–751.

Marhadi, H., & Erlisnawati, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi/Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa PGSD FKIP UR. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 69–78.

Priatmoko, S., Sugiri, W. A., & Bashori, M. (2021). Distance Learning for New Students in the Era of Pandemic Coronavirus Disease (Covid-19): Implementation and Barriers. International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 607–613.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Riwanda, A., Ridha, M., Islamy, M. I., Priatmoko, S., Cahyadi, A., & Susilawati, S. (2021). Measuring e-learning readiness for students of Islamic senior high school at south Kalimantan.

Sadirman, A. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar cet ke-21. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sofiyah, S., & Setiawani, S. (2015). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember, 1.

Sucipto, S. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 77–85.

Sugiyono, M. P. P. (2007). Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment