Pengembangan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal

Moh Mahrush Ali, Sukanto Sukanto

Abstract


Artikel ini membahas tentang penggunaan audio-visual sebagai media pembelajaran Biologi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbentuk audio-visual. Produk dirancang untuk siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi dengan materi anatomi tumbuhan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap diseminasi hanya dilakukan terbatas pada siswa kelas XI SMAN 1 Randudongkal Pemalang. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan calon pengguna. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Hasil validitas penggunaan media audio-visual sebagai media pembelajaran mata pelajaran biologi sangat valid dengan nilai rata-rata persentase 90%. Untuk perolehan nilai dari respon siswa sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa media audio-visual sangat layak digunakan dalam pembelajaran biologi.

Keywords


Audio-Visual; Media Pembelajaran; Biologi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Muh. R., Hakim, A. R., & Haris, Abd. (2020). "Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0". Darmabakti : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1 (2), 51–57.

Andari, I. Y. (2019). "Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA se-Banten". Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2 (1), 263-275.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran: Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). "Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon". Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3 (1), 116-137.

Cahyati, F. D., Wibowo, A. M., & Amelia, R. (2021). "Pengembangan Aplikasi Website Pokok Bahasan Ekosistem di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School". Journal of Science Education, 1 (1), 28-34.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Handziko, R. C., & Suyanto, S. (2015). "Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi". Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (2), 212-224.

Imamah, N. (2012). "Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan". Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1), 32-36.

Irhaningtyas, Istiadi Y. (2016). Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 yang Disempurnakan : Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). "Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa". Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (4), 13.

Mukti, W. M. (2020). "Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis". Webinar Pendidikan Fisika, 5 (1), 51-59.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). "Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD". Indonesian Journal of Primary Education, 3 (2), 64-72.

Nuraeni, M. I., & Habibi, M. W. (2021). "Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMP/MT’s Kelas VIII". Journal of Science Education, 1 (1), 35-43.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). "Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan". Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2), 127-144.

Sa’dun, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). "Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Membantu Pembelajaran Fisika Di Era Covid-19". Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6 (2), 165-175.

Simarmata, M. Y., Mastuti, D. L., Thamimi, M., Melia, M., Yudha, R. K., & Yuliansyah, A. (2019). "Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Literasi Di Sma Wisuda Pontianak". GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (1), 88-101.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). "Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah". Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 7 (1). 123-132.

Wijayanti, R. (2021). "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Moodle". Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3 (1), 43-49.




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v1i2.12867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment