Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Citra Mulya Sari, Salim Al Idrus, Indah Yuliana

Sari


Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderating.

Desain/metodologi/pendekatan

Metode penelitian atau pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas, di mana terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih.

Hasil temuan

(1) Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas, (2) Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) Profitabilitas berfungsi sebagai parsial mediasi sehingga kurang mampu meningkatkan nilai perusahaannya (5) Pengungkapan CSR mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (6) Pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi struktur modal dengan nilai perusahaan, jadi dalam penelitian ini Pengungkapan CSR memperlemah pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan.

Keterbatasan penelitian

(1)Perusahaan yang dijadikan sampel terbatas. Hal ini menyebabkan tingkat generalisasi dari penelitian rendah, (2)Periode waktu yang digunakan kurang lama hanya tiga periode saja, yaitu periode Tahun 2013 – 2015.

Implikasi praktis

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemilik dan  manajemen perusahaan go public di sektor property dan real estate terutama  manajer keuangan dalam hal pengambilan keputusan keuangan sehingga  dapat meningkatkan nilai perusahaan, khususnya menentukan proporsi struktur modal yang optimal demi meningkatkan nilai perusahaan.

Implikasi sosial

Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran dan pemahaman kepada masyarakat yang lebih mendalam mengenai pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Orisinalitas/nilai

Dari beberapa penelitian terdahulu dan kajian dengan tema yang serupa, belum ditemukan kajian yang sama, jadi penelitian ini dengan judul PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Dalam Index Saham Syariah Indonesia)  merupakan penelitian baru.

Kata kunci: 

Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Pengungkapan CSR.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.1999.

Aisyah BM. Siti. Konflik Sosial Dalam Hubungan Antar Umat Beragama, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol.15, No.2, Desember 2014.

Andriani, Fitri. Perbedaan Tingkat Persepsi Penerimaan Sosial Antara mahasiswa yang Belajar Psikologi dan yang Tidak Belajar Psikologi, INSAN Media Psikologi, Vol.3 No.2.Agustus 2001.

Dayakisni & Hudaniah. Psokologi Sosial. Malang: UMM Press.2009.

Durkin K, Developmental Social Psycholog: From Infancy to Old Age (Oxford: Blackwell Publisher Ltd, 1995.

Griffin, Ricky W. Manajemen. Jakarta: Erlangga. 2004.

Hallahan, Daniel P. dkk. Exceptional Leaners: An Introduction to Special Education.Boston: Person Education Inc, 2009.cet.10.

Hurlock. Psikologi Perkembangan. Alih bahasa:dr.Med. Metasari T & Dra. Muslichah Z. Jakarta: Erlangga.1996.

Kasmiran, Moh. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: UIJ Press. 2008.

Jannah, Miftakhul dan Darmawanti, Ira. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia, 2004.

Mappiare, Andi. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.1982.

Muhaimin, dkk. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2008.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.

Sugiyo, Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: UNNES Press. 2005.

Syah, Muhibbib. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.1999.

Wawancara dengan Koordinator Inklusi (Malang, 17 Desember 2016)

Walgito, Bimo. Psikologi Sosial. Yogyakarta: ANDI.2003.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Google Scolar MORAREF