Pengaruh Variabel Fundamental Dan Makroekonomi Terhadap Harga Saham Melalui Roa

Inarotul A’yun, Salim Al Idrus, Ach Sani Supriyanto

Sari


Tujuan

Penelitian ini mencoba untuk mencoba dan menganalisis pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung dan pengaruh total antara variabel fundamental dan makroekonomi terhadap harga saham melalui return on assets (ROA).

Desain/metodologi/pendekatan

Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Indeks (JII) selama periode penelitian yaitu tahun 2013-2015. Dengan menggunakan metode purposive sampling. Ada 19 perusahaan yang terpilih sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian pada model kedua menunjukkan bahwa DER dan Inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. PBV, kurs dan ROA berpengaruh positif terhadap harga saham. Hasil analisis jalur menunjukkan secara tidak langsung bahwa ROA berpengaruh secara sempurna dalam mediasi pada DER, PBV, kurs, inflasi terhadap harga saham. Selain itu, ditemukan bahwa nilai adjusted R square untuk persamaan ROA adalah 0,279, sedangkan nilai adjusted R square untuk persamaan harga saham adalah 0.723 Maka dapat disimpulkan bahwa kenaikan harga saham didorong oleh adanya optimalisasi. DER, PBV, ROA dapat memberi efek pada keuntungan finansial untuk dijelaskan dengan tingkat kesehatan perusahaan yang baik.

Implikasi praktis

penelitian ini, para peneliti memusatkan perhatian pada pembahasan pengaruh Rasio Hutang terhadap Ekuitas (DER), dan Price to Book Value (PBV), Nilai Tukar dan Inflasi terhadap harga saham melalui Return on Aset (ROA) pada perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) pada 2013-2015.

Implikasi sosial

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang harga saham.

Kata kunci: ROA, DER, PBV, Kurs, Inflasi, Harga Saham

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andrew Patar, Darminto dan Muhammad Saifi, “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham (Studi Pada Saham-Saham Indeks LQ45 Periode2009-2013)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 11 No. 1 (Juni, 2014).

Aziz, Musdalifah dkk. 2015. Manajemen Investasi; Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish.

Bildiosta Sappar, Suhadak dan Raden Rustam Hidayat, “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Dan Teknikal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Consumer Goods Industry di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 24, No. 1 (Juli, 2015).

Boediono. 2011. Ekonomi Makro. Edisi Keempat. Cetakan Ke-23. Yogyakarta: BPFE.

Fahmi, Irham Dan Yovi Lavianti Hadi. 2011. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.

Hartono, Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: BPFE UGM.

Husnan, Suad. 2005. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: BPFE.

Indah Nurmalasari. “Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Emiten LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2008”. Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi”. Universitas Gunadarma, (2009).

Indriantoro, Nur. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis; Untuk Akuntansi dan Bisnis, Yogyakarta: BPFE.

Madura, J. 2006. Keuangan Perusahaan Internasional. Edisi Kedelapan. Bachtiar, Y.S. (Penerjemah). Jakarta: Salemba Empat.

Munawir. 2001. Akuntansi Keuangan dan Manajmen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Noor, Henry Faizal. 2009. Investasi Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Jakarta: PT Indeks.

Prastowo, Dwi. 2011. Analisis Laporan Keuangan; Konsep Dan Aplikasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Rowland Bismark Fernando Pasaribu. “Pengaruh Variabel Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2003-2006”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2 No. 2, (2008).

Samsul, Mohamad. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Sartono, Agus. 2002. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Soemitra, Andri. 2014. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Suteja, Jaja dan Ardi Gunardi. 2016. Manajemen Investasi dan Portofolio. Bandung: Refika Aditama.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio Dan Investasi Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Tjipto, Darmadji dan Hendry M Fakhruddin. 2012. Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya jawab.Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Tryfino. 2009. Cara Cerdas Berinvestasi Saham. Edisi 1. Jakarta: Transmedia Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.