Kepemilikan Sumber Daya Air Pada Sistem Kesubakan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Moh. Khoirul Anam, Muhammad Djakfar, Ahmad Djalaluddin

Sari


Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kepemilikan mutlak sumber daya air di Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur.

Desain/metodologi/pendekatan

Metode penelitian atau pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.

Hasil temuan

Dari beberapa data yang ada menunjukan bahwa sumber daya air di Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur memang menjadi kepemilikan umum tetapi dalam pengelolaannya dikuasai penuh oleh pemerintah, hal ini menjadi penting karena untuk menghindari adanya kekerasan dan kecurangan yang terjadi dalam pembagian sumber daya air di Lombok Timur.

Keterbatasan penelitian

Keterbatasan penelitian ini adalah hanya mengacu pada masalah kepemilikan sumber daya air dalam perspektif Islam dan konvensional tetapi tidak disertai dengan dalil-dalil yang berhubungan.

Implikasi praktis

Dengan adanya penelitian tentang kepemilikan kesubakan (SDA) dalam perspektif ekonomi Islam ini, diharapkan akan menambah wawasan keilmuan akademis tentang  pengembangan teori kepemilikan dan pengelolan sumber daya air yang berbasis kearifan lokal.

Implikasi sosial

Penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan terhadap kelebihan serta kekurangan tentang prosedur maupun mekanisme kerja dalam kepemilikan sumber daya air pada sistem subak dalam perspektif ekonomi Islam dan sebagai motivasi dan intropeksi kepada pekasih dalam menjalankan usahanya sebagai pengatur sumber daya air di masyarakat Desa Kotaraja.

Orisinalitas/nilai

Kebaharuan dari jurnal ini adalah belum adanya penelitian ilmiah tentang kesubakan di daerah Lombok Timur, karena selama ini penelitian tentang Subak selalu dilakukan di Bali. Selain itu, belum adanya pembahasan tentang subak yang menyangkut kepemilikan sumber daya air itu sendiri karena penelitian kesubakan yang sudah ada selalu berputar pada pembahasan kelestarian lingkuan dan sosial masyarakat.

Kata kunci:  Kepemilikan, Sumber Daya Air, Sistem Kesubakan, Perspektif Ekonomi Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Katili, J.A. Sumber Daya Alam; untuk Pembangunan Nasional, Jakarta: Ghalia Indonesia,1983

Utami, Ulfa, konservasi Sumber Daya Alam; Perspektif Islam dan sains, Malang: UIN Malang Press, 2008

Dagun, Save M. Pengantar Filsafat Ekonomi, Jakarta: PT. Rineka

Cipta,1992

Yunia F. Ika dan Kadir R. Abdul, Prinsip Dasar Ekonomi Islam;Perspektif Maqashid Al Syariah, Jakarta: Kencana, 2014

Qardhawi, Yusuf, Daurl Qiyam wal Akhlaq fil Iqtishadil Islami, terj: Zainal Arifin, Jakarta: Gema Insani Press, 1997

Suparlan, Menyoal Pengelolaan Sumber Daya Air dan Kegagalan Negara Dalam Mensejahterakan Rakyat, jurnal Academia Edu lihat di https://www.academia.edu/22670607/Air_dan_Kesejahteraan diambil pada tanggal 7 Oktober 2016.

Hasan. M. 2012. Ketahanan Air Dalam Mendukung Ketahanan Pangan. Seminar Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Tema: Kebijakan Sumber Daya Air dalam Mendukung Ketahanan Pangan. Direktur Jenderal Sumber Daya Air. Kementerian PU. Lihat di http://www.litbang.pertanian.go.id/buku/reformasi-kebijakan menuju/BAB-IV-7.pdf.

Oka Sunaryasa, I Made, Upaya Revitalisasi Peran Subak dalam Pelestarian Fungsi lingkungan, Tesis: Universitas Diponegoro semarang, 2002.

N.Suatra P. Ni Putu Ika, Konsep Tri Hita Karana, diunduh dari file http://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/download/5983/4463. tanggal 14-6-2016

I Putu Sony A,Wayan W, Putu Udayani W, Peran Subak dalam Pertanian Padi sawah, Vol. 2 , No. 1, Januari 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Google Scolar MORAREF