Peran Modal Sosial Pondok Pesantren Sidogiri dalam Mengembangkan Koperasi Jasa Keuangan Syariah

Muktirrahman Muktirrahman, Muhtadi Ridwan, Fauzan Zenrif

Sari


Tujuan

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memahami, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana Ponpes Sidogiri mengelola unsur-unsur modal sosial kaitannya dalam mengembangkan KJKS. (2) Untuk memahami, mendeskripsikan dan menganalisis peran modal sosial Ponpes Sidogiri dalam mengembangkan KJKS.

Desain/metodologi/pendekatan

Metode penelitian atau pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dengan paradigma penelitian dramaturgi,  yakni fokus pada bagaimana peran modal sosial dalam pengembangan kjks bmt Maslahah dan BMT UGT Sidogiri.  Langkah penelitian diawali dengan pengumpulan data dari dokumentasi,  observasi dan wawancara mendalam. Selanjutnya dilakukan reduksi data dan dilanjut dengan pengecekan keabsahan data. Setelah itu dianalisis dengan mengintegrasikan data dengan teori untuk kemudian sampai pada kesimpulan.

Hasil temuan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,  dalam upaya optimalisasi pengelolaan modal sosial yang dimiliki,  Ponpes Sidogiri melalui beberapa cara mengolah unsur-unsur modal sosial.  Kedua,  modal sosial ponpes Sidogiri berperan mengembangkan BMT melalui unsur jaringan,  kepercayaan, nilai dan norma.

Keterbatasan penelitian

Pertama,  pengumpulan data terkait Ponpes Sidogiri belum seluruhnya.  Peneliti belum bisa mengumpulkan data terkait santri putri karena peraturan yang berlaku di Ponpes Sidogiri. Kedua, penelitian ini hanya fokus pada bagaimana peran modal sosial Ponpes Sidogiri dalam mengembangkan Kjks padahal masih banyak hal yang bisa dieksplor. Namun hal ini berkaitan dengan keterbatasan waktu dan metode penelitian.

Implikasi praktis

Menjadi stimulan bagi pihak pengambil kebijakan pondok pesantren dan pemerintah untuk menunbuhkembangkan ekonomi syariah.  Tidak menutup kemungkinan pula hasil penelitian ini dijadikan blueprint untuk diadopsi oleh semua pondok pesantren berpartisipasi dalam mengembangkan ekonomi syariah.  Selain itu,  implikasi praktisnya dapat memperluas potensi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia melalui pesantren.

Implikasi sosial

Dapat dijadikan bahan refenrensi bagi penelitian selanjutnya yang melakukan penelitian serupa.  Menambah khazanah keilmuan bagi pondok pesantren dan kalangan yang pedului akan ekonomi syariah.

Orisinalitas/nilai

Dari beberapa penelitian terdahulu dan kajian dengan tema yang serupa, belum ditemukan kajian yang sama, jadi penelitian ini dengan judul Peran Modal Sosial Pondok Pesantren Sidogiri dalam Mengembangkan Koperasi Jasa Keuangan Syariahmerupakan penelitian baru.

Kata kunci:

Peran, Modal Sosial, Pengembangan, BMT.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A’la, Abd., Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara, 2006

Bidayati, Arum, “Dinamika Modal Sosial Pada Lembaga Keuangan Mikro,” Tesis, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2008.

Damsar, Pengantar Sosiologi Ekonomi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002

Fatoni, Muhammad Sulton, Kapital Sosial Pesantren, Studi Tentang Komunitas Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur, Jakarta: UI-Press, 2015

Field, John, Modal Sosial, Ter., Bantul: Kreasi Wacana, 2016.

Fukuyama, Francis, Trust Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran, Yogyakarta: Penerbit Qalam, 2002

Hamzah, et al., ”Analysis Problem of Baitul Maal wat-Tamwil (BMT) Operation in Pekanbaru Indonesia Using Analytical Network Process (ANP) Approach,” International Journal of Academic Researc in Buisness an Social Sciences, August 2013, Vol. 3, No. 8 ISSN: 2222-6990

Isbah, M Falikul “Religiously committed and prosperously developed: the survival of pesantren salaf in modern Indonesian Islamic education,” Review of Indonesian and Malaysian Affairs, vol. 46, no. 1 (2012), pp. 83–104

Marlina, “Potensi Pesantren Dalam Pengembangan Ekonomi Syaria,” Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 12, Nomor 1, Juni 2014; atau lihat di http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi

Majid, Nurcholish Tradisi Islam: Peran dan Fungsinya dalam Pembangunan di Indonesia, Jakarta: Paramadina, 1997

Mushzabi, Hamdi Ahmadi, “Modal Sosial Pondok Pesantren Salafiyah Al-Qodir Tanjung Wukirsari Cangkringan Sleman Yogyakarta,” Disertasi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Sosial, 2015.

Mulyaningrum, “Baitul Maal wat Tamwil: Peluang dan Tantangan dalam Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah,” Seminar on Islamic Finance Theme: Opportunity and Challenge on Islamic Finance Bakrie shool of Management (BSM) & Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) January 6, 2009, hlm. 9.

Sila, Ahdiyat Agus, “Strategi Kesuksesan Koperasi BMT Maslahah dan Pengembangan Usaha dan Pemberdayaan ekonomi Umat,” Tesis, (Yogyakarta: UIN Kalijaga, 2014), hlm. 18

Sumiyanto, Ahmad, BMT Menuju Koperasi Modern, (Yogyakarta : ISES Publishing, 2008), hlm. 23-24.

Syahra, Rusydi, “Modal Sosial : Konsep dan Aplikasi,” Jurnal Masyarakat dan Budaya, Volume 5 No. 1 Tahun 2003

Syakur, Ahmad, “Optimalisasi Peran Pesantren Dalam Pengembangan Ekonomi Syari’ah,” Jurnal IQTISHODUNA, Vol 5 no. 3, 2009.

Podungge, Rulyjanto, “Potensi BMT (Baitul Mal Wattamwil) Pesantren Guna Menggerakkan Ekonomi Syari’ah di Masyarakat,” Jurnal Al-Mizan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Vol 10, No 1 (2014): Juni 2014, hlm. 48-68 ; Jurnal dapat diakses di http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/am

Wahid, Abdurrahman, Pesantren dan Pembaharuan, Yogyakarta: LP3ES: 1988

Widodo, Suko, Teori Dramaturgi erving Goffman; dalam Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial, editor Bagong Suyanto dan M. Khusna Amal, Malang: Aditya Media Publishing, 2010

Yusuf, Sri Dewi, “Peran Strategis Baitul Maal Wa-Tamwil (Bmt) Dalam Peningkatan Ekonomi Rakyat,” Jurnal Al-Mizan, LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalom, Vol 10, No 1, 2014.

Buku Rapat Anggota Tahunan Koperasi BMT-Maslahah Sidogiri tahun buku 2016

Buku Rapat Anggota Tahunan KSPS BMT-UGT Sidogiri tahun buku 2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.