PRAKTIK DAGANG WILAYAH PERBATASAN RI – PAPUA NEW GUINEA (Perspektif Ekonomi Islam)

Fachrudin Fiqri Affandy

Sari


Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik dagang di wilayah perbatasan Indonesia-PNG di Kota Jayapura, dengan sub fokus penelitian : (1) Praktik perdagangan, (2) Kondisi perekonomian pedagang. (3) Praktik dagang yang dilakukan perspektif ekonomi Islam.
Desain/metodologi/pendekatan
Metode penelitian atau pendekatan yang digunakan adalah kualitatif pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, Transferability, Dependability, dan Confirmability
Hasil temuan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Praktik perdagangan di perbatasan Skouw dapat dilihat dari 8 aspek : a). Aktivitas jual beli yang dilakukan telah mencerminkan sikap kerelaan dibuktikan dengan saling menerimanya penjual dalam alat tukar dan pembeli dalam harga. b). barang yang diperjual belikan merupakan barang-barang yang biasa dikonsumsi masyarakat, c). Kesepakatan menggunakan bahasa Inggris Fijin sebagai alat komunikasi untuk mencapai kesepakatan. d). Nilai tukar yang disepakati, yaitu mata uang Rupiah dan Kina. e). Sarana pendukung perdagangan money changer belum tersedia. f). Adanya klasifikasi transaksi perdagangan yang bertujuan untuk menambah pendapatan negara. g). Mekanisme permintaan dan penawaran dipengaruhi oleh faktor harga. h). Mekanisme pembentukan harga dipengaruhi faktor adanya permintaan dan penawaran. (2) Kondisi perekonomian pedagang: a). Pemenuhan kebutuhan hidup. b). Adanya peningkatan pendapatan. (3) Praktik dagang : a). Praktik jual beli langsung (Ba’i Al-Muthlaq) jual beli menggunakan dua mata uang sebagai alat tukar, b). Praktik jual beli dengan pesanan (Ba’i Al-Salam) ada yang menerapkan deposit dan pembayaran di awal waktu. c). Jual/beli mata uang (Ba’i Al-Sharf) baik yang sejenis maupun mata uang yang berbeda dengan mengambil keuntungan. d). Peredaran Narkoba dan miras di kawasan perbatasan masih dilakukan secara ilegal, e). Perdagangan ilegal dilakukan untuk memasukkan produk Indonesia ke PNG tanpa melalui bea cukai.
Implikasi praktis
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemilik dan manajemen perusahaan go public di sektor property dan real estate terutama manajer keuangan dalam hal pengambilan keputusan keuangan sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan, khususnya menentukan proporsi struktur modal yang optimal demi meningkatkan nilai perusahaan.
Implikasi sosial
Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran dan pemahaman kepada masyarakat yang lebih mendalam mengenai pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Orisinalitas/nilai
Dari beberapa penelitian terdahulu dan kajian dengan tema yang serupa, belum ditemukan kajian yang sama, jadi penelitian ini dengan judul PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Dalam Index Saham Syariah Indonesia) merupakan penelitian baru.
Kata kunci:
Praktik dagang, Perbatasan, Ekonomi Islam

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.