PENGELOLAAN ASET TANAH DAERAH UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ahmad Fajri, Ahmad Djalaluddin, Siswanto Siswanto

Sari


Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan aset tanah daerah melalui mekanisme ijin pemakaian kekayaan daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Malang serta pandangan Ekonomi Islam.

Desain/metodologi/pendekatan

Metode penelitian atau pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.

Hasil temuan

Penelitian ini menghasilkan temuan yang secara spesifik. (1) Pengelolaan aset tanah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Pemerintah Daerah Kota Malang dapat dilakukan melalui jalur pengelolaan. Pengelolaan aset tanah daerah, pertama inventarisasi—dalam proses inventarisasi ditemukan kendala yaitu objek inventarisasi yang banyak sedangkan tenaga terbatas begitu pun anggarannya. Kedua, pemanfaatan aset tanah dengan bentuk ijin pemakaian kekayaan daerah untuk membangun rumah, toko, gedung pendidikan maupun untuk bisnis akan tetapi tidak dapat dikatakan sewa disebabkan status tanahnya merupakan hak kuasa bukan hak milik oleh Pemerintah Daerah Kota Malang. (2) Pengawasan dan pengendalian pemakaian kekayaan daerah dengan tujuan apabila ada penyalahgunaan aset tentu akan mudah terdeteksi walaupun tidak dapat di akomordir secara keseluruhan. (3) Dapat pula melalui kebijakan dengan penetapan tarif yang tertuang dalam peraturan daerah namun belum dapat dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang.

Dalam konteks ekonomi Islam, ketiganya dapat dipandang. pengelolaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang sejalan dengan konsep ekonomi Islam, walaupun literatur masih bersifat global. Seperti adanya inventariasi aset atau pendaataan aset, pemanfatan aset menggunakan mekanisme sewa walaupun penyebutannya tidak sama dengan yang ada di Kota Malang akan tetapi pada intinya sama. Serta pengawasan dan pengendalian pemakaian kekayaan daerah. Benang merah dengan kontek sekarang yaitu pemanfaatan oleh masyarakat dengan tanpa merubah status aset Negara/Daerah.

Kata kunci: Pengelolaan, Aset Tanah Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Ekonomi Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah. 2005. Lubaabut Tafsir Min Ibni Katsiir, Terj. Bogor; Pustata Imam asy-Syafi’I,

juz 4.

Al-Mahalli, Jalaluddin, Jalaluddin as-Suyuthi. 2008. Tafsir al-Jalalain. Haramain Jaya

Indonesia.

Al-Mawardi. t-t. Al-Ahkaam As-Sulthaaniyyah, To PDF: www.al-mostafa.com

Anto, M.B. Hendri. 2003. Pengantar Ekonomi Mikro Islam. Yogyakarta: Kampus Fakultas

Ekonomi UII.

Ash Shabuni, Muhammad Ali. 2009. Sofwah at Tafasir. Darus Ash Shabuni, Jilid 1.

Ash Shalabi, Ali Muhammad. 2011. Umar bin Abdul Aziz Khalifah Pembaru dari Bani

Umayyah. Jakarta; Pustaka AlKautsar, cet. 2

Bukhori, Abi Abdullah Muhammad ibn Ismail. 2014. Shohih Bukhori, Kudus; Syirkah Al-Kudus, cet-1.

Cahudhry, Muhammad Sharif. 2012. Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar. Jakarta; Kencana Prenadamedia Group, cet-1.

Haroen, Nasrun. 2000. Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Jusmin, Tesis. 2013 Pengaruh Manajemen Aset Terhadap Tingkat Optimalitas Aset Tetap (Tanah Dan Bangunan) Pemerintah Kota Baubau. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah BPKAD Kota Malang Tahun 2015.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah BPKAD Kota Malang Tahun 2016

Peraturan Menteri Dalam Negeri Tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah No. 19 Tahun 2016

Nasir, Moch. Jurnal. 2015. Pemberian Ijin Pemakaian Tanah Pada Tempat-tempat Tertentu Yang Dikuasai Oleh Pemerintah Daerah Kepada Pihak Ketiga Di Kotamadya Malang. Malang; Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya.

Simunapendi, Yusuf. Tesis. 2015. Pengaruh Faktor-Faktor Manajemen Aset Tetap Terhadap Pemaanfatan (Tanah Dan Bangunan) Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kantor Bupati Kabupaten Waropen). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Sijabat, Mentari Yosephen. Jurnal. Analisis Kinerja Keuangan Serta Kemampuan Keuangan Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Dan Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Malang Tahun Anggaran 2008-2012). Malang Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2 , No. 2.

Supriyadi. 2010. Aspek Hukum Tanah Aset Daerah, Jakarta; PT Prestasi Pustakaraya.

Siregar, Doli D.. 2004. Manajemen Aset, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Google Scolar MORAREF