Kamar Mandi sebagai Tempat Bersuci (Thaharah)

Agung Sedayu

Abstract


Keeping cleanliness and holiness is the duty for all moslems. To perform these religious duties, every time and everywhere, we must keep and support hard on the holiness of the physic and psychic value aspects. Most cleaning activities have been done in toilet and the other similar places. The Main tool to clean is water; therefore toilet is always having water having the image as a wet place. Toilet is one of the arranged rooms in building and assumed to be added room that is not so important. In fact, it has a very vital and important function. Inside of the toilet we have the erudition and philosophy which must be done, like praying before and after entering this room, and also some other rules to follow when we are in it. Cleaning the psychic is started at cleaning the body, and cleaning the psychic is supported by cleanliness of our environment including toilet as a part of the house. Therefore, before designing it, all of the moslem architects must concern and focus on the erudition and philosophy of Islamic fiqih containing about the effort to be clean and holy. Design results should reflect Islamic values, and the toilet having Islamic characteristics, especially having strength points on cleanliness and holiness. This paper is to discuss about toilet design from the perspective of fiqih values on cleanliness and holiness. The objectives are to give more information and knowledge about toilet design principles having Islamic values based on  fiqih law references on cleanliness and holiness.

 

Menjaga kebersihan dan kesucian adalah tugas semua umat Islam. Untuk melakukan tugas keagamaan ini, setiap saat dan dimana saja, kita harus menjaga dan mendukung keras kekudusan aspek nilai fisik dan psikis. Sebagian besar kegiatan pembersihan telah dilakukan di toilet dan tempat-tempat lain yang serupa. Alat utama untuk membersihkan adalah air; karena itu toilet selalu memiliki air dan sebagai tempat yang basah. Toilet adalah salah satu ruangan yang tersusun di dalam bangunan dan diasumsikan sebagai ruang tambahan yang tidak begitu penting. Padahal, ia memiliki fungsi yang sangat vital. Di dalam toilet kita memiliki pengetahuan dan filosofi yang harus dilakukan, seperti doa sebelum dan sesudah memasuki ruangan ini, dan juga beberapa kaidah lain yang harus diikuti saat kita berada di dalamnya. Pembersihan dimulai dari pembersihan tubuh, dan pembersihan psikis didukung oleh kebersihan lingkungan kita termasuk toilet sebagai bagian dari rumah. Karena itu, sebelum merancangnya, semua arsitek muslim harus peduli dan fokus pada pengetahuan dan filosofi fiqih Islam yang berisi tentang usaha untuk menjadi bersih dan suci. Hasil desain harus mencerminkan nilai-nilai Islam, dan toilet memiliki karakteristik Islam, terutama memiliki titik kekuatan pada kebersihan dan kesucian. Tulisan ini membahas tentang desain toilet dari sudut pandang fiqih nilai kebersihan dan kesucian. Tujuannya adalah untuk memberikan lebih banyak informasi dan pengetahuan tentang prinsip desain toilet yang memiliki nilai-nilai Islam berdasarkan referensi hukum fiqih tentang kebersihan dan kesucian.




Keywords


holiness; cleanliness;

Full Text:

PDF PS

References


Anonim. SNI 03-2399-2002 tentang Tata Cara Perencanaan Bangunan MCK Umum. Jakarta: Departeman Kimpraswil.

Akmal, Imelda. 2006. Kamar Mandi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Al-Hamd, Abdul Qadir Syaibah. 2005. Fiqhul Islam: Syarah Bulugul Maram. Jakarta: Darul Haq.

Ambeno, Prima Nataniel. 2010. Desain Sarana MCK untuk Daerah Korban Bencana. Surabaya : Jurusan Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Azhim, Abdul bin Badawi Al-Khalafi. 2007. Al-Wajiz: Ensiklopedi Fiqih Islam dalam alQuran dan As-Sunnah As Shahihah. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Hazm, Abu Muhammad Ali bin Ahmad bin Sa’id. 2007. Al Muhalla, penerjemah Ahmad Rijali Kadir. Jakarta: Pustaka Azzam.

Hermawan. 2010. Desain Closet Jongkok Yang Memperhatikan Kebutuhan Konsumen dan Dilandasi Nilai – Nilai Islam Dalam Pemakaiannya. Surabaya : Jurusan Desain

Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Murtini, Titien Woro, dkk. 1995. Kajian Perancangan Kamar Mandi Rumah Tinggal. Semarang : Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro.

Tanggoro, Dwi. 2000. Utilitas Bangunan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Taufik, M.Tata. 2007. Mengkomunikasikan Ajaran Islam Sebagai Inspirasi Perilaku Hidup Sehat. Seminar Nasional “Penguatan Peran Ulama Dalam Penanggulangan HIV/AIDS dan Penyalahgunaan Narkoba”. Lembah Ciremai Kuningan, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2020

Editorial Office:
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang