Author Guidelines

PEDOMAN UMUM

 

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal El Harakah meliputi hasil pemikiran,  hasil penelitian dan review buku di bidang Budaya Islam.
  2. Naskah diketik dengan font: Goudy old style, ukuran 12 pts, 1.5 spasi, pada kertas A4 sepanjang 18 s.d. 25 halaman. Berkas (file) dibuat dengan Microsoft Word (ekstensi RTF)
  3. Judul disajikan secara ringkas, informatif dan tidak lebih dari 14 kata (Font: Goudy old style 16 capital bold, paragraph rata tengah).
  4. Nama lengkap penulis dicantumkan tanpa gelar akademik (Font: Monotype corsiva 13, paragraph: rata tengah) dan ditempatkan di bawah judul artikel. Cantumkan nama Lembaga dan alamat e-mail (Font: Goudy old style 12 reguler, paragraph : rata tengah).
  5. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata untuk artikel yang berbahasa Indonesia dan Inggris. Dan ditulis dalam bahasa Arab dan Inggris untuk artikel berbahasa Arab. Font: Goudy Old Style Italic 12 dengan spasi: 1, paragraf rata kanan kiri, identitas 1 cm sebelum teks. Abstrak diikuti kata kunci/key words maksimal lima kata dalam bahasa Inggris, antara kata satu dengan yang lain dipisah dengan titik koma (;) Font: Goudy Old Style Italic 12 pt: spasi: 1; paragraph rata kanan kiri, identitas 1 cm sebelum teks.
  6. Sub judul ditulis tanpa penomoran; Font: Goudy Old Style Bold 12 pt; spasi; 1,5; paragraph rata kiri.
  7. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran adalah: pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau simpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk pada innote).
  8. Sistematika penulisan artikel hasil penelitian adalah: pendahuluan yang berisi latar belakang, tinjauan pustaka dan tujuan penelitian; metode; hasil; pembahasan; simpulan dan saran; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk pada innote).
  9. Sistematika penulisan artikel review buku adalah: pendahuluan yang berisi deskripsi singkat isi buku; pembahasan yang meliputi kekuatan dan kelemahan buku, kritik terhadap gaya penulisan, tujuan penulis dan manfaat; simpulan dan saran; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk pada innote).
  10. Sumber pustaka diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian skripsi, tesis, disertasi, atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan majalah ilmiah.
  11. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun: halaman). Pencantuman sumber pada kutipan langsung, disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Kaelan, 2005: 47).
  12. Daftar Pustaka disusun diurutkan secara alfabetis dan kronologis.



PENULISAN DAFTAR PUSTAKA


BUKU


Nama pengarang [atau editor]. Tahun terbit. Judul Buku. Tempat terbit: Nama penerbit.


• Buku dengan Pengarang
Abdullah, Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif dan Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


• Buku dengan Lembaga atau Organisasi sebagai Pengarang
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 2009. Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Malang: Fsaintek UIN Maliki.


• Buku terjemahan:
Wood, Alan & Grant, Ted. 1995. Revolusi Berpikir dalam Ilmu Pengetahuan Modern. Terjemahan oleh Rafiq N. 2006. Yogyakarta: IRE Press.


• Buku kumpulan artikel:
Irawan, Irma & Supriyanto, Andi [Eds]. 1999. Jurnalistik Kontemporer (Edisi ke-2). Bandung: Salsabila Press.


• Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Geertz, Clifford. 1999. Religion as a Cultural System. Dalam Garry E. Kessler, Philoshophy of Religion: Towards A Global Perspektif [hlm. 11-12]. Belmont: Wadsworth Publishing Company.


SURAT KABAR


Nama pengarang. Tanggal bulan tahun terbit. Judul. Nama surat kabar. Nomor halaman (nomor kolom).
Kuncoro, Toha. 1 Desember, 2007. Pergulatan Menuju Perdamaian Palestina. Jawa Pos: 6 (kolom 2-5).


• Tulisan berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Surya. 31 Desember 2008. KPK Pelototi Dana Yayasan Instansi Negara. Halaman 3.


DOKUMEN RESMI

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomer 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Makalah seminar, lokakarya, penataran, pelatihan, workshop:
Rahardjo, Mudjia. 2007. Metodologi Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Workshop Mutu Jurnal Ilmiah. Malang: Unit Informasi dan Publikasi (Infopub) Universitas Islam Negeri Malang. Tanggal 7-12 Desember.


ACUAN MELALUI INTERNET


• Artikel dari Publikasi Eletronik
Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul artikel. Nama jurnal. Volume (nomor): halaman. DOI:. [Tanggal, bulan dan tahun akses].
Sukandana, I Made. 2009. Kebo-keboan dan Ider Bumi Suku Using: Potret Inklusifisme Islam di Masyarakat Using Banyuwangi. El Harakah. 13 (2): 169-180. DOI: http://dx.doi.org/10.18860/el.v18i2.3649 (5 April 2016)

 • Thesis

 Axford, J.C. (2007). What constitutes success in Pacific island community conserved areas (Disertasi University of Queensland, Brisbane, Australia). Diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/view/UQ:158747

 

TEMPLATE

Download template penulisan artikel di sini.

Download Font Goudy Old Style disini.


BIAYA KONTRIBUSI

Jurnal el Harakah akan menerima artikel penulis jika sudah memenuhi persyaratan penulisan dan memenuhi penilaian oleh reviewer. Penulis dapat melakukan cetak langsung melalui proses download dan bebas biaya. Namun jika penulis ingin mendapatkan buku jurnal versi cetak lengkap, maka akan dikenakan biaya penggantian cetak dan biaya pengiriman.

 

  1. Naskah diketik dengan font: Goudy old style, ukuran 12 pts, 1.5 spasi, pada kertas A4 sepanjang 18 s.d. 25 halaman. Berkas (file) dibuat dengan Microsoft Word (ekstensi RTF).
  2. Judul disajikan secara ringkas, informatif dan tidak lebih dari 14 kata (Font: Goudy old style 16 capital bold, paragraph rata tengah).
  3. Nama lengkap penulis dicantumkan tanpa gelar akademik (Font: Monotype corsiva 13, paragraph: rata tengah) dan ditempatkan di bawah judul artikel. Cantumkan nama Lembaga dan alamat e-mail (Font: Goudy old style 12 reguler, paragraph : rata tengah).
  4. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata untuk artikel yang berbahasa Indonesia dan Inggris. Dan ditulis dalam bahasa Arab dan Inggris untuk artikel berbahasa Arab. Font: Goudy Old Style Italic 12 dengan spasi: 1, paragraf rata kanan kiri, identitas 1 cm sebelum teks. Abstrak diikuti kata kunci/key words maksimal lima kata dalam bahasa Inggris, antara kata satu dengan yang lain dipisah dengan titik koma (;) Font: Goudy Old Style Italic 12 pt: spasi: 1; paragraph rata kanan kiri, identitas 1 cm sebelum teks.