PENGARUH MODEL SAVI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP ENERGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BOGOR KABUPATEN BOGOR

khaidir fadil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh model SAVI terhadap penguasaan konsep siswa pada materi energi dan keterampilan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan teknik purposive sampling. Subyek dalam penbelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Bogor yang berjumlah 149 dan terpilihlah kelas IVD sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model SAVI dan kelas IVA sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dan penugasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Jenis analsis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji- t dengan bantuan komputer program SPSS versi 23. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model SAVI terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep energi di MIN 2 Bogor Kabupaten Bogor.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v8i1.6329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: