Studi Formulasi Sediaan Lip Balm Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan L.) dengan Variasi Beeswax

Yani Ambari, Fitra Nanda Dwi Hapsari, Arista Wahyu Ningsih, Iif Hanifa Nurrosyidah, Butet Sinaga

Abstract


Bibir merupakan salah satu bagian kulit yang membutuhkan perlindungan agar kelembaban bibir tetap terjaga. Akibat dari fungsi perlindungan yang buruk bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan warna bibir menjadi kusam. Lip balm adalah sediaan yang diaplikasikan pada bibir untuk mencegah bibir kering dan melindungi dari efek lingkungan yang buruk. Kualitas fisik lip balm merupakan faktor yang harus dipenuhi sebelum sediaan lip balm dipasarkan ke konsumen. Pemilihan basis yang tepat akan menentukan kualitas kekerasan sehingga dapat diterima oleh masyarakat, karena basis merupakan pembentuk utama dari sediaan lip balm. beeswax mempunyai sifat sebagai pengikat yang baik, dimana membantu untuk menghasilkan massa yang homogen. Pada penelitian ini bahan aktif yang digunakan yaitu kayu secang karena mengandung senyawa brazilein yang bisa sebagai pewarna alami dan antiokasidan.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental formulasi sediaan lip balm dengan menggunakan beeswax 5%, 10% dan 15%. Tujuan penelitian ini Mengetahui formulasi yang tepat sediaan lip balm dengan bahan aktif ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan L.), mengetahui stabilitas fisik sediaan lip balm dengan bahan aktif ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan L.), mengetahui konsentrasi basis yang sesuai, untuk mendapatkan sediaan lip balm yang berkualitas (sesuai standart farmasi). Hasil penelitian telah didapatkan formula yang bagus dengan karakteristik fisik yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan meliputi pengamatan stabilitas, pengukuran pH, pengujian homogenitas, pengujian iritasi, pengujian kesukaan (Hedonic test) dan pengujian cycling test. formula yang tepat di dapat pada formula 1 dengan konsentrasi beeswax 5% menghasilkan tekstur warna, aroma, memiliki nilai daya lekat dan daya sebar yang baik, pH sesuai terhadap pH bibir, tidak mengiritasi, sediaan homogen, paling banyak disukai oleh responden dan stabil selama penyimpanan. Konsentrasi basis yang baik yaitu basis 5% pada formula 1 karena menghasilkan tekstur lip balm semi padat dan sangat halus.

 

 

Kata kunci : Lip balm, Beeswax , Bibir, Caesalpinia sappan


References


Mitsui, T. (1997). New Cosmetic Science. Amsterdam: Elsveir Science. Hal. 3, 13, 121, 386.

Tranggono dan Latifah,2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Balsam, M.S., dan Sagarin, E. (2008). Cosmetics Science and Technology. Second Edition. USA: Wiley Interscience Publication. Halaman 43, 46.

Madans, A., Katie, P., Christine, P., Shaily, P. (2012). Ithaca Got Your Lips Chapped: A Performance Analysis of Lip Balm. BEE 4530. Halaman 4-5.

Trookman, N.S., Ronald, L., Rosanne, F., Rahul, M., Vincent, G. (2009). Clinical Assesment of a Combination Lip Treatment to Restore Moisturazation and Fullness. The Journal of Clinical Aesthetic Dermatology. 2 (12). Hal : 44-45.

Handoyo Lioni Ellis, 2014.Dahsyatnya Kulit Buah dan Tanaman Pembasmi Berbagai Penyakit. Jakarta Timur : Padi.

Harborne, J.B. 1987. Metode Fitokimia Penuntun Cara Modern Menganalisis Tumbuhan. Penerbit ITB. Bandung.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.1985.Formularium Kosmetika.Ditjen POM RI. Jakarta.

Kristanti, Alfinda Novi. 2008. Buku Ajar Fitokimia. Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Dirjen POM.(1995). Farmakope Indonesia Edisi IV.Jakarta : Depkes RI.

Voight, R., 1994, Buku Pengantar Teknologi Farmasi, 572-574, diterjemahkan oleh Soedani, N., Edisi V, Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada Press.

Cahyadi, W. 2009. Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Bumi Aksara. Halaman 63-74.

Balsam, M.S,.(1972), Cosmetic Science and Technology, Edisi Kedua.New York:John Willy and Son Inc

Wasitaatmadja, Sjarif M. (1997). Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI Press, 36-37; 122-124.




DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v5i2.10434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2019 Journal of Islamic Pharmacy - All rights reserved