Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Dinoyo Malang

Siti Maimunah, Fitri Eka Utami, Meilina Ratna Dianti, Fidia Rizkiyah Inayatillah

Abstract


Kesehatan adalah hak asasi manusia yang harus di wujudkan. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan. Salah satu pelayanan di puskesmas yaitu Pelayanan Kefarmasian. Saat ini, orientasi Pelayanan Kefarmasian berubah menjadi pelayanan yang komprehensif yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup pasien maka Apoteker dituntut untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan bermutu sehingga dapat menimbulkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Dinoyo Malang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif menggunakan metode non probability sampling. Sampel yang diperlukan sebanyak 100 sampel dan pengambilan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan metode pengolahan data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengetahui kualitas Pelayanan Kefarmasian. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Dinoyo Malang sudah baik. Dibuktikan dengan 49% responden Sangat Puas, 37% responden Puas, 12% responden Tidak Puas dan 2% responden Sangat Tidak Puas dengan nilai IKM sebesar 82.062 dengan kategori Mutu Pelayanan B dan dapat diartikan pelayanan kefarmasin di Puskesmas Dinoyo Malang Baik

References


Azwar, AH. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Kemenkes. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Herlambang, S. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Riwidikdo, H. 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Madika

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2006, Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Patient safety). Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sareong, K. M., Darmawansyah, & Amir, M. Y. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara tahun 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin Makasar

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Ikatan Apoteker Indonesia, 2011. Standar Kompetensi Apoteker Indonesia. Jakarta. Departemen Kesehatan RI.

Naik, Prabhagasar G dan Santasala SB. 2010. Service Quality (Servqual) and in Effort on Customer Satisfaction in Retails : European Journal of Social Science.

Akbar, D.O., Mardiati, N., Muslimah, S., Husni, R. 2018. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Puskesmas Karang Intan 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar : Borneo Journal of Pharmascientech. No. 2. Vol. 2.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Angelova B and Zekiri J. 2011. Measuring Customer Satisfaction with Service Quality Using American Customer Satisfaction Model (ACSI Model). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.

Ujianti, Majid, H. R., & Rasma. 2017. Analisis Kepuasan Pasien pada Layanan Rawat Jalan berdasarkan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Benu-Benua Tahun 2016 : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, No.2, Vol 6

Tlapana, T.P. 2009. Store Layout and Its Impact on Consumer Purchasing Behaviour at Convenience Stores in Kwa Mashu [Desertasi]. Durban University of Technology.

Chusna, N., Fetriana, T., & Adawiyah, R. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Pahandut kota Palangka Raya : Borneo Journal of Pharmacy. No.2 Vol. 1.

Rajahtran, M dan Badaruddin, M. 2010. Domestic Tourism: Perception of Domestic Tourist on Tourism Product in Renany Island : Asia Journal of Management Research.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik. 2017. Jakarta: Menteri Pendaya gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesi Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor. 14 tahun 2017 tentang Pedoman.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009, Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 Tentangpekerjaan Kefarmasian. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia




DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v7i1.14695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Pharmacy



© 2022 Journal of Islamic Pharmacy