ANALISIS KADAR LOGAM TEMBAGA (Cu) PADA PERMEN SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA)

Eny Rahmawati, Diana Candra Dewi, Begum Fauziyah

Abstract


Permen yang dijual di pasaran diduga mengandung sejumlah logam berat misalnya logam tembaga. Dalam penelitian ini, sampel permen didestruksi dengan HNO3, HNO3/H2SO4 (3:1) dan HNO3/H2SO4/H2O2 (6:2:1) untuk mengetahui zat pengoksidasi terbaik logam tembaga pada permen. Selanjutnya dilakukan pengukuran kadar logam tembaga dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Hasil analisis uji one way anove dengan uji F menunjukkan bahwa zat pengoksidasi terbaik logam tembaga dalam sampel permen adalah HNO3/H2SO4. Sementara itu, perolehan kadar logam tembaga pada permen dengan label A, B, C, D, dan E berturut-turut sebesar 1,72 mg/Kg; 1,69 mg/Kg; 1,57 mg/Kg; 1,71mg/Kg; dan 1,69 mg/Kg. Dengan demikian, kadar logam tembaga pada permen yang dijual di pasaran masih berada dalam batas aman konsumsi yang ditetapkan oleh SNI.

 

Kata Kunci: permen, destruksi basah, oksidator, waktu stabilitas, Spektrofotometri Serapan Atom (SSA)

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. 2012. Penentuan Suhu dan Waktu Terbaik Determinasi Kadar Logam Tembaga dalam Gula Pasir Dengan Metode Microwave Digestion Menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Jurusan Kimia Fakultas Saintek UIN Maliki Malang.

Prihatiningsih, W. K. 2007. Penetapan Kadar Tembaga (Cu) PadaSampel Air DenganMetodeSpektrofotometri di Laboratorium PDAM Tirtanadi Medan. TugasAkhir. Medan: FakultasFarmasi USU.

Darmono. 1995. Logam Dalam Sistem Biologi Makhluk Hidup. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Ki-Cheol, K.; Yong-Bae, P.; Myung-Jin, L; Jung-Beom, K.; Jeng-Weon, H.; Dae-Hwan, K.; Jung-Bok, L.; dan Jong-Chan, K. 2008. Levels of Heavy Metals In Candy Packages And Candies Likely to be Consumed by Small Children. Food Reaseach International, 41: 411-418.

Duran, A.; Tuzen, M.; danSoylak, M. 2009. Trace Metal Contents In Chewing Gums And Candies Marketed In Turkey. Journal of Environment MonitAssa.

Ochu, J.O.; Uzairu, A.; Kagbu. J.A.; Gimba, C.E.; danOkunola, O.J. 2012. Evaluation Of Some Heavy Metals in Imported Chocolate and Candies Sold In Nigeria. Journal of Food ResearchVol. 1, No.3. Canadian Center of Science and Education.

Kristianingrum, S. 2012. Kajian Berbagai Proses Destruksi Sampel Dan Efeknya. Laporan Hasil Prosiding Seminar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v1i1.4179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Eny Rahmawati, Diana Candra Dewi, Begum Fauziyah



© 2023 Journal of Islamic Pharmacy