Pengaruh Altruisme Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Hilmi Yatun Solehah, Novia Solichah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh altruisme terhadap kebahagiaan pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang 2018 yang menghadapi skripsi. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang. Dalam pengumpulan data penelitian peneliti menggunakan instrumen Self Report Altruism (SRA) dan Oxford Happiness Questionare (OHQ). Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu uji deskriptif, uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program Microsoft excel 2010 for Windows dan IMB SPSS versi 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan statistik didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,3 atau 30%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel bebas (altruisme) terhadap variabel terikat (kebahagiaan) adalah sebesar 30%. Artinya terdapat pengaruh signifikan altruisme terhadap kebahagiaan, semakin tinggi tingkat altruisme seseorang maka semakin tinggi pula kebahagiaan yang akan dirasakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya berasal dari Fakultas Psikologi UIN Malang angkatan 2018 sehingga hasil yang didapat mungkin akan menimbulkan perbedaan apabila dilakukan pada Universitas atau organisasi lainnya, oleh karena itu diperlukan penelitian dengan menggunakan kelompok sampel berbeda baik itu dari segi jenis kelamin, usia dan demografi.


Full Text:

PDF

References


Agus, Rahman Abdul. (2013). Psikologi sosial. PT Raja Grafindo Persada.

Fuad, M. (2015). Psikologi Kebahagiaan Manusia. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9.

Hartaji, D. A. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Ivantianto, K. D. (2020). Hubungan antara kebahagiaan dengan perilaku altruisme pada mahasiswa universitas negeri jakarta yang mengikuti organisasi voluntarian. Universitas Negeri Jakarta.

Jangkung, S. (2013). Dinamika kebahagiaan relawan pusat studi dan layanan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jena, Y. J. (2018). Altruisme Sebagai Dasar Tindakan Etis Menurut Peter Singer. Journal Respons, 23.

Kaffah, S. (2019). Korelasi perilaku altruisme dengan kebahagiaan: studi korelasional perilaku altruisme dan kebahagiaan siswa di smp negeri 9 bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kumar, A., & Dixit, V. (2017). Altruism, Happiness and Health among Elderly People. Journal of Gerontology, 31.

Lee, M. A. (2019). Volunteering and Happiness: Examining the Differential Effects of Volunteering Types According to Household Income. Journal of Happiness Studies, 20.

Lyubomirsky. (2007). The How of Happiness: a practical guide to getting the life you want. Piatkus.

Maharani, D. (2015). Tingkat Kebahagiaan Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6.

Myers, D. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Salemba Humanika.

Putri, D.S.K., & Savira, S. I. (2013). Pengalaman menyelesaikan skripsi. Studi Fenomenologis Pada Mahasiswa Universitas Surabaya. 2.

Sugesti, D. (2019). Mengulas Tolong Menolong Dalam Perspektif Islam. Jurnal PPKn & Hukum, 14.

Zwick, M dan Fletcher, J. A. (2014). Level of Altruism. Biological Theory, 4.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v1i01.14921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats