Pengaruh Locus Of Control dan Peran Gender Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa

Neneng Mukaffa Opier, Mohammad Mahpur

Abstract


Abstrak

Menentukan “dan mempersiapkan karir merupakan salah satu tugas perkembangan yang sangat penting bagi remaja” khususnya mahasiswa. Faktanya, “masih banyak” siswa “SMA yang bingung menentukan karir masa depannya”. “Salah satu faktor” prediktif “internal dalam proses” pengambilan keputusan “karir siswa” adalah “locus of control” dan peran gender. “Locus of control” adalah kemampuan individu untuk “mengetahui akibat dari” tindakan “yang dilakukan”, sedangkan peran gender adalah persepsi siswa yang dibentuk oleh budaya tentang peran laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh locus of control dan peran gender terhadap pengambilan keputusan karir siswa dan menjelaskan “kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 166 siswa dari total kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang dengan rincian 72 siswa laki-laki dan 94 siswa perempuan. Pengukuran dalam skala ini menggunakan 3 skala yaitu Skala Locus of Control yang terdiri dari 22 item dengan reliabilitas = 0,735, Skala Peran Gender yang terdiri dari 60 item dengan reliabilitas = 0,925 dan Skala Pengambilan Keputusan Karir yang terdiri dari 15 item dengan reliabilitas = 0,832. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh Locus of Control dan Gender Roles terhadap Pengambilan Keputusan Karir.”

Kata kunci: Locus of Control, Peran gender, Pengambilan Keputusan Karir

 

Abstract

Determining and “preparing for a career is one of the most important developmental” tasks for teenagers, especially students. “In fact, there are still many high school students who are confused in determining their future career. One of the internal predictive factors in the student's career decision-making process is locus of control and gender roles. Locus of control is the individual's ability to know the consequences of the actions taken, while gender roles are student perceptions that are shaped by culture about the roles of men and women. This study aims to describe the influence of locus of control and gender roles on students' career decision-making and to explain the career decision-making abilities of students in class XI and XII of SMAS Diponegoro Tumpang. This research design uses quantitative research with sampling technique using proportional random sampling. The number of respondents in this study amounted to 166 students from the total class XI and XII SMAS Diponegoro Tumpang with details of 72 male students and 94 female students. Measurements in this scale use 3 scales, namely the Locus of Control Scale which consists of 22 items with reliability = 0.735, Gender Role Scale consisting of 60 items with reliability = 0.925 and Career Decision Making Scale consisting of 15 items with reliability = 0.832. Based on the results of this study, it is known that there is an influence of Locus of Control and Gender Roles on Career Decision Making.”

Keywords: Locus of Control, Gender Roles, Career Decision Making


Full Text:

PDF

References


Referensi

Arjanggi, R. (2017). identifikasi permasalahan pengambilan keputusan karir remaja. Psikologika, 28–35.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI). (2012). http://www.bps.go.id

Bem, S. L. (1981). Gender schema theory: a cognitive account of sex typing. Psychological Review.

Correll, S. (2001). Gender and The Career Choice Process: The Role of Biased Self-Assesments. American Journal Sociology, 6(106), 1691–1730.

Dahlan, S. (2011). statistika untuk kedokteran & kesehatan edisi 5. Salemba Medika.

Depdiknas. (2003). Pedoman penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional.

Hartono. (2010). Bimbingan karier berbantuan komputer untuk siswa SMA. Surabaya. UNIPA University Press.

Lindawati, A., & Smark, C. J. (2010). Education into employment? Indonesian women. University of Wollongong Research Online, 4(2), 32–42.

Pramudi, H. (2015). Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kutasari [Jurnal Skripsi].

Robbins, S. (2008). Perilaku Organisasi Jilid I dan II, alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaja. Prenhallindo.

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup, Edisi Ketigabelas, Jilid I. Penerbit Erlangga.

Supriatna, & Ilfiandra. (2006). apa dan bagaimana bimbingan karir (materi sajian workshop bimbingan dan konseling politeknik kesehatan, tasikmalaya) [Personal communication].

Willner, T., Gati, I., & Guan, Y. (2015). Career decision-making profiles and career decision-making difficulties: A cross-cultural comparasion among US, Chinese samples. Journal of Vocational Behavior, 88, 143–153.

Zulkaida, A., Kurniawati, N., Muluk, H., & Rifameutia, T. (2007). pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap kematangan karir siswa sekolah menengah atas (SMA). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil), 2.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v1i01.14924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats