Pengembangan Perangkat Asesmen Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Menggunakan Software Anates

Dessy Rif'a Anzani, Achmad Kholif Rosyidi, Rahmat Aziz, Iqbal Ali Wafa, Ilham A.E. Zaeni

Abstract


Abstrak

Evaluasi hasil belajar siswa merupakan usaha yang perlu dilaksanakan oleh seorang pendidik. Dalam rangka mengukur ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk asesmen pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang bagaimanakah daya beda, tingkat kesukaran, dan kualitas butir soal mata kuliah Psikologi Pendidikan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Soal dalam asesmen disusun berdasarkan 4 tema dalam materi ini dan dikembangkan menjadi 24 butir soal. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim dengan mengikutsertakan 23 mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara memberikan interpretasi deskriptif atas data kualitatif yang ada. Soal yang telah dibuat akan dilakukan analisa yang meliputi reliabilitas soal, daya beda soal, derajat kesukaran, korelasi skor item terhadap skor total, dan kualitas pengecoh. Berdasarkan hasil analisa, didapati bahwa soal yang telah dibuat dapat digunakan lagi. Beberapa perubahan masih diperlukan, seperti penggantian soal dengan daya pembeda rendah. Kualitas pengecoh pada pilihan jawaban harus ditingkatkan agar pertanyaan menjadi lebih berkualitas. Soal-soal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang lumayan. Soal dibagi secara merata dalam kompleksitas, mulai dari yang sangat sulit hingga yang sangat mudah.

 

Kata kunci: Asesmen, Psikologi Pendidikan, Anates

 

Abstract

 

Evaluation of student learning outcomes is an effort that needs to be carried out by an educator. In order to measure the achievement of the goals that have been set. This research was conducted for assessment in Educational Psychology course. This study aims to examine how the differentiating power, level of difficulty, and quality of items in the Educational Psychology course at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang are. The questions in the assessment are arranged based on 4 themes in this material and developed into 24 items. This research was conducted at the Department of Psychology UIN Maulana Malik Ibrahim by involving 23 students. This research was conducted by providing a descriptive interpretation of the existing qualitative data. The questions that have been made will be analyzed which includes the reliability of the questions, the differentiating power of the questions, the degree of difficulty, the correlation of the item scores to the total score, and the quality of distractors. Based on the results of the analysis, it was found that the questions that have been made can be used again. Some changes are still needed, such as the replacement of questions with low discriminating power. The quality of the distractors in the answer choices must be improved so that the questions are of higher quality. These questions have a decent level of difficulty. Problems are evenly divided in complexity, ranging from very difficult to very easy.

 

Keywords: Assessment, Educational Psychology, Anates



Full Text:

PDF

References


Alpusari, M. (2014). Analisis butir soal konsep dasar IPA 1 melalui penggunaan program komputer anates versi 4.0 for Windows. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 106–115.

Alwi, I. (2015). Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban Tes Obyektif Bentuk Pilihan Ganda Terhadap Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda. Faktor Exacta, 3(2), 184–193.

Arif, M. (2014). Penerapan aplikasi anates bentuk soal pilihan ganda. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 1(1).

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asri, A. F., & Burhan, A. (2014). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 1 Indralaya Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2).

Bhakti, Y. B. (2015). Pengaruh jumlah alternatif jawaban dan teknik penskoran terhadap reliabilitas tes. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Boopathiraj, C., & Chellamani, K. (2013). Analysis of test items on difficulty level and discrimination index in the test for research in education. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(2), 189–193.

Eisinga, R., Te Grotenhuis, M., & Pelzer, B. (2013). The reliability of a two-item scale: Pearson, Cronbach, or Spearman-Brown? International Journal of Public Health, 58(4), 637–642.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02).

Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70–81.

Mansyur, S., & Harun, R. (2015). Asesmen pembelajaran di sekolah: Panduan bagi guru dan calon guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sidin, A., & Khaeruddin, K. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Universitas Negeri Makassar.

Slamet, S., & Maarif, S. (2014). Pengaruh bentuk tes formatif assosiasi pilihan ganda dengan reward dan punishment score pada pembelajaran matematika siswa SMA. Infinity Journal, 3(1), 59–80.

Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213.




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v1i01.14925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats