Penanaman Pohon pada Daerah Aliran Sungai di Desa Torongrejo Kota Batu dalam Mendukung Program Brantas Tuntas

Hisyam Fahmi, Ahmad Abtokhi

Abstract


Perubahan penggunaan lahan menjadi pemukiman dan lahan pertanian menyebabkan air hujan yang turun tidak dapat langsung meresap ke dalam tanah. Wilayah di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo termasuk wilayah berlereng sehingga potensi banjir dan erosi di wilayah ini termasuk tinggi. Tindakan konservasi tanah dan air melalui gerakan menanam pohon dengan melibatkan masyarakat merupakan upaya strategis dalam menurunkan bahaya erosi dan mengalirkan air hujan ke dalam tanah melalui proses infiltrasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020 dipusatkan di Desa Torongrejo. Metode pengabdian yang digunakan dalam bentuk pendampingan masyarakat, analisis dan evaluasi kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih sungai. Kegiatan penaman pohon ini disambut antusias oleh komponen masyarakat. Ada sekitar 150 bibit pohon yang ditanam di sekitar aliran sungai Brantas.

Full Text:

PDF

References


M.-A. Szitar, “Learning about Sustainable Community Development,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 116, pp. 3462–3466, Feb. 2014.

LP2M Universitas Jember, “Pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif PTN se Jawa Timur Brantas Tuntas,” 2020.

M. M. Mahzum and M. A. Mardyanto, “Analisis Ketersediaan Sumber Daya Air dan Upaya Konservasi Sub DAS Brantas Hulu Wilayah Kota Batu,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

K. Yoshino, Y. Setiawan, and E. Shima, “Land Use Analysis using Time Series of Vegetation Index Derived from Satellite Remote Sensing in Brantas River Watershed,” J. Geomatics Plan., vol. 4, no. 2, pp. 109–120, 2017.

Y. Moses et al., “Zonasi kawasan berdasarkan tingkat risiko bencana tanah longsor di Kota Batu (Provinsi Jawa Timur),” Institut Teknologi Nasional Malang, 2019.

“Torongrejo Langganan Banjir, Warga Salahkan Pembangunan di Kota Batu – Arema Media.” [Online]. Available: http://aremamedia.com/torongrejo-langganan-banjir-warga-salahkan-pembangunan-di-kota-batu/. [Accessed: 26-Feb-2020].

“Musim Hujan, Ini Titik Rawan Bencana di Kota Batu - MalangVoice.” [Online]. Available: https://malangvoice.com/musim-hujan-ini-titik-rawan-bencana-di-kota-batu/. [Accessed: 26-Feb-2020].

S. S. Arifin, M. R. Syukri, and M. I. D. Kalamang, “Program IPTEKS bagi Wilayah (IbW) Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo,” Gorontalo, 2015.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v2i1.9708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Research on Community Engagement

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.