Solusi Numerik Model Gerak Osilasi Vertikal dan Torsional Pada Jembatan Gantung

Hendrik Widya Permata, Ari Kusumastuti, Juhari Juhari

Abstract


Model gerak osilasi vertikal dan torsional merupakan model yang menggambarkan gerak osilasi vertikal dan gerak torsional pada batang yang digantung. Gerak osilasi vertikal merupakan gerak naik turun suatu benda yang terjadi terus berulang, dan kemudian pada waktu tertentu akan berhenti atau mengalami redaman. Gerak torsional merupakan getaran sudut dari suatu objek yang mengalami rotasi. Model gerak osilasi dan torsional pada dasarnya merupakan sistem persamaan diferensial orde dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi numerik model gerak osilasi vertikal dan torsional menggunakan metode Adams-Bashforth-Moulton orde empat, lima, dan enam. Model gerak osilasi vertikal dan torsional terlebih dahulu diselesaikan menggunakaan metode Runge-Kutta-Fehlberg orde lima untuk mendapatkan solusi awal kemudian model tersebut diselesaikan menggunakan metode Adams-Bashforth-Moulton orde empat, lima dan enam. Hasil solusi numerik setiap metode Adam-Bashforth-Moulton selanjutnya diuji dengan galat relatif. Hasil simulasi numerik model gerak osilasi vertikal dan torsi diperoleh bahwa gerak osilasi vertikal dan gerak torsional merupakan gerak harmonik teredam dan semakin tinggi orde pada metode Adams-Bashforth-Moulton maka akan lebih cepat galat relatif menuju nilai nol dan sebaliknya


Keywords


gerak osilasi; gerak torsional; metode Adams-Bashforth-Moulton

Full Text:

PDF

References


R. O. Kwofie, A Mathematical model of a suspension bridge - case study: Adomi bridge, Atimoku, Ghana, 1(3): 47-62, 2012.

D. C. Giancoli, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, America: Pearson Education, Inc., 2009.

R. Munir, Metode Numerik, Bandung: Informatika Bandung, 2010.

S. Rosłoniec, Fundamental Numerical Methods for Electrical Engineering, Berlin: Springer-Verlag Berlin Heidelberg, 2008.

R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis Ninth Edition, Boston: Cengage Learning, 2010.

P. J. McKenna, "Large torsional oscillations in suspension bridges revisited," Amer. Math. Monthly, pp. 1-18, 1999.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrmm.v1i1.13409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.