Solusi Numerik Persamaan Gelombang Dua Dimensi Dengan Metode Beda Hingga Skema Eksplisit CTCS

Allifia Nur Chasamah, Muhammad Jamhuri, Evawati Alisah

Abstract


Persamaan gelombang dua dimensi merupakan  persamaan diferensial parsial  yang merupakan representasi dari gelombang permukaan yang dihasilkan oleh aliran air.  Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk menganalisis solusi numerik persamaan gelombng dua dimensi dengan menggunakan metode beda hingga skema eksplisit CTCS (Center Time Center Space). Ada beberapa langkah untuk menyelesaiakan persamaan ini, diantaranya diskritisasi pada persamaan gelombang dua, diskritisasi terhadap kondisi awal serta kondisi batasnya dimensi dengan metode beda hingga pusat terhadap waktu dan ruang. Langkah selanjutnya adalah menentukan syarat kestabilan dan syarat konsistensi untuki menunjukkan bahwa solusi numerik tersebut mendekati solusi analitik. Setelah diperoleh syarat kestabilan dan konsistensi dari skema yang digunakan maka simulasi dari skema yang digunakan dapat dilakukan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan metode beda hingga skema eksplisit CTCS pada persaman gelombang dua dimensi stabil dengan syarat tertentu.  Dari syarat  kekonvergenannya skema eksplisit CTCS pada persamaan gelombang dua dimensi diperoleh order errornya . Selanjutnya untuk penelitian  dapat meneliti tentang solusi analitik persamaan gelombang dua dimensi dengan menggunakan kondisi batas Neumann


Keywords


Persamaan gelomang dua dimensi; metode beda hingga; skema eksplisit CTCS; syarat kestabilan; syarat konsistensi

Full Text:

PDF

References


Alman. 2013. Penyelesaian Numerik Persamaan Adveksi Difusi 2D untuk Model Transportasi Polutan dengan Menggunakan Metode Beda Hingga Dufort Frankel . Makassar: Universitas Hasanuddin.

Bambang, Triatmodjo. 2002. Metode Numerik Dilengkapi Progam Komputer . Yogyakarta: Beta Offset.

Chapra, S.C. dan Canale R.P. 1998. Metode Numerik Jilid 1 Edisi Kedua. Terjemahan I. Nyoman Susila . Jakarta: Erlangga.

Kreiss & Petersson, A. 2004. Difference Approximation of The Neumann Problem For The Second Order Wave Equation. Society for Industrial and Applied Mathematics . 42(3) : 1292-1323.

Kreyziq, E. 2006. Advanced Engineering Mathematics. New York. John Waley and Sons, Inc.

Rinaldi, M. 2003. Metode Numerik. Bandung: Penerbit Informatika.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrmm.v1i1.13411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.