TES CRAAP SEBAGAI INDIKATOR EVALUASI INFORMASI

Nita Siti Mudawamah

Abstract


Evaluasi informasi merupakan salah satu elemen standar dalam literasi informasi. Tes CRAAP menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi informasi, mengidentifikasi informasi dan menilai keabsahan informasi. Kriteria yang terdapat dalam CRAAP ini banyak digunakan untuk menilai informasi yang terdapat dalam situs web sehingga informasi palsu atau pun berita bohong akan mudah diidentifikasi. Dengan adanya kemampuan dalam menerapkan tes CRAAP ini pada akhirnya masyarakat akan dapat menentukan mana informasi yang layak untuk digunakan mana informasi yang tidak perlu digunakan. Tulisan ini merupakan sebuah artikel konseptual. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi pustaka yang dipilih berdasarkan sumber informasi yang relevan. Penulis mengumpulkan data dan informasi menggunakan beragam sumber referensi diantaranya buku, jurnal ilmiah, serta situs web yang dinilai kredibel. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana cara mengevaluasi informasi dengan kriteria Tes CRAAP (Currency, Relevance, Authority, Accuracy, Purpose)


References


American Library Association. (1989). Presidential Committee on Information Literacy: Final Report. https://libguides.ala.org/InformationEvaluation/Infolit

Bent, M., & Stubbings, R. (2011). The SCONUL Seven Pillars of Information Literacy: Core Model For Higher Education. In SCONUL Wprking Group on Information Literacy. https://doi.org/10.1108/00907320610716486

Blakeslee, S. (2004). The CRAAP Test Library Services for International Students. 31, 6–7.

Duby, H. R. (2018). What a Load of CRAAP: Evaluating Information in an Era of “Fake News”. Tennessee Libraries, 68(4), 4. http://e-resources.perpusnas.go.id:2048/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lih&AN=134318248&site=eds-live

Karas, L. (n.d.). Is your website a S.T.A.A.R.? 5. https://uscupstate.libguides.com/c.php?g=257977&p=1721754

Lewis, A. B. (2018). What Does Bad Information Look Like? Using the CRAAP Test for Evaluating Substandard Resources. Issues in Science & Technology Librarianship. https://doi.org/10.5062/f41n7zc4

Meriam Library - California State University Chico. (2015). Evaluating Information – Applying the CRAAP Test. 17. https://www.csuchico.edu/lins/handouts/eval_websites.pdf

Myhre, S. (2012). Using the CRAAP Test to Evaluate Websites. http://hdl.handle.net/10125/22479

Nichols, T. (2018). Matinya Kepakaran. Kepustakaan Populer Gramedia.

Ron E. Lewis Library. (n.d.). Thinking Critically about Web Information—Applying the CRAAP Test. Lamar State College Orange. http://library.lsco.edu/help/web-page-rubric.pdf




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.12284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________

LIBRARY AND TECHNOLOGY JOURNAL (LIBTECH) published by :
PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: libtech@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________


_____________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
© All rights reserved 2015. Libtech , e-ISSN : 2723-7605

LIBRARY AND TECHNOLOGY JOURNAL (LIBTECH) indexed by :