KONDISI MUSEUM BRAWIJAYA KOTA MALANG SELAMA PANDEMI COVID-19

Amalia Setya Rostanti

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi dan perawatan koleksi di Museum Brawijaya Kota Malang selama pandemic Covid-19, dimana terdapat koleksi yang harusnya diperbarui tetapi hingga saat ini masih belum diperbarui, dan beberapa perubahan akibat dampak dari pandemic Covid-19 terhadap Museum. Selain untuk pemenuhan tugas Ujian Akhir Semester Genap tahun 2020/2021 mata kuliah Penulisan Ilmiah, penelitian ini juga bertujuan agar harapan meningkatnya jumlah pengunjung Museum Brawijaya Kota Malang di masa Pandemi Covid-19 dan keberlangsungan museum untuk seterusnya dapat terwujudkan. Semoga dengan ditulisnya penelitian dengan judul “Kondisi Museum Brawijaya Malang Selama Pandemi Covid-19” membuat pembaca mengerti kondisi perkembangan Museum Brawijaya Malang baik dari segi perawatan koleksi, perubahan peraturan, fasilitas, dan terhentinya kegiatan rutin yang diadakan oleh Museum Brawijaya, dan juga menjadi motivasi Museum Brawijaya agar terus menjaga eksistensi yang telah ada, semakin bermanfaat dalam dunia militer dan masyarakat sekitar. Kata Kunci : Pengembangan Koleksi, Museum Brawijaya Malang, Kondisi Selama Pandemi, Museum

Full Text:

PDF

References


Auliahadi, A. (2020). Problem Manajemen Pengembangan koleksi di Museum Kerinci. Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 12, (1), 1.

Alifiani, K. R. & Eko, S. H. (2021). Museum Brawijaya Malang Tahun 1968-2018. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10, (2), 10.

Aly, M. N. (2018). Strategi Pengembangan Even Di Museum Untuk Meningkatankan Kunjungan Wisatawan Ke Museum R.A Kartini Rembang. Jurnal Media Wisata, 16, (1), 1.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmara, D. (2019). Peran Museum Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2, (1), 14.

https://sejarahlengkap.com/bangunan/sejarah-museum-brawijaya (Diakses 23 Maret 2021)

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K., (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam

Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7, (1), 15.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Tjajawulan, I., Adityayoga. (2019). Penyajian Koleksi Museum Sejarah dan Budaya Kota Malang. Jurnal Senirupa Warna, 7, (2), 7.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.13088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia