Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan di MAN 1 Kota Kediri

Adam Dwi Nur Fikry M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan danfasilitas perpustakaan terhadap kepuasan para siswa di MAN 1 kota Kediri. Padapenelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, terdapat responden yang ditujukan kepada para siswa MAN 1 kota Kediri untuk mengetahui langsung tanggapan dari mereka. Perpustakaan sekolah merupakan tempat yang disediakan oleh pihak sekolah, di kelola, dan diberdayakan di lingkungan sekolah. Keberadaan perpustakaan di lingkungan sekolah memiliki peran yang penting untuk menunjang para siswa untuk mampu berkembang dan meningkatkan kulitas literasi di lingkungan sekolah. Manajemen perpustakaan sekolah yang ada pada dasarnya adalah proses mengoptimalkan kontribusi manusia, material, anggaran untuk mencapai tujuan perpustakaan di bawah institusi sekolahan, di dalam manajemen tersebut terdapat aspek pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada para siswa. Pelayananan yang diberikan memilii dampak besar terhadap tingkat kunjungan para siswa untuk datang ke perpustakaan sekolah. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Perpustakaan, dan Tingkat Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF

References


Dewi, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. 4(1), 203–213.

Guntara, Bintang S. Suryani, N. (2017). PENGARUH PENGOLAHAN KOLEKSI, KOMPETENSI PENGELOLA, DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN. 6(3), 973–986.

Hendra, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadapap Pelayanan Jasa Pendidikan pada Lembaga Pendidikan El Rahma Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius, VOL. 1 NO.(81588), 221–237.

Mulyadi, M. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA Mohammad Mulyadi. 15(1), 127–138.

Mutia, F. (2011). Sarana dan prasarana ruang perpustakaan sebagai aspek kekuatan dalam mengembangkan perpustakaan. 1–8.

Purwanto, D. O. (2008). Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Menggunakan Pendekatan Model SERVQUAL). 1–17.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. In Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015 (Vol. 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Reza, M. R. (2017). Manajemen Perpustakaan Sekolah. 11(01), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.13094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia