PENGGUNAAN APLIKASI ICILEGON DALAM MEMBERIKAN LAYANAN SIRKULASI OLEH PERPUSTAKAAN KOTA CILEGON DI MASA PANDEMI

Tubagus Aryadillah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penggunaan Aplikasi iCilegon Dalam Memberikan LayananInformasi Oleh Perpustakaan Kota Cilegon Dimasa Pandemi” penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan aplikasi iCilegon; 2) mendeskripsikan manfaat aplikasi iCilegon dalam memberikan pelayanan sirkulasi dimasa pandemi. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif berdasarkan hasil wawancara pada kepala Dinas Perspustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan penerapan fungsi aplikasi perpustakaan digital iCilegon dalam memberikan pelayananinformasi serta hubungannya dengan implementasi peraturan pemerintah mengenai Covid-19 pada perpustakaan Dinas Perspustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon. Kata Kunci: Perpustakaan digital, iCilegon, dan Pelayanan Sirkulasi perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Darmono, & Putra, R. M. S. (2001). Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Luthfiyah, F. (2016). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 189–202.

Poerwandari. (1998). Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran Dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Rodin, R. (2011). TRANSISI MASYARAKAT INDONESIA MENUJU MASYARAKAT INFORMASI. 8.

Rohanda. (2000). Fungsi dan Peranan Perpustakaan Sekolah.

Sismanto. (2008). Manajemen Perpustakaan Digital.

https://mkpd.wordpress.com/2008/09/08/kupas-buku-manajemen-perpustakaan-digital/

Subroto, G. (2009). Perpustakaan Digital. Pustakawan Perpustakaan UM, 10(2), 1–11.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Banyumedia.

Widiasa, I. K. (2007). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. 14.

Peraturan Nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.13095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia