FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (Studi Kasus: MAN 1 Blitar)

Dewi Maratul Karomah

Abstract


Perpustakaan digital merupakan bentuk perkembangan informasi dari perpustakaan konvensional. Tak hanya mengefektifkan kegiatan atau perjalanan menuju perpustakaan, perpustakaan digital juga hadir dengan kemudahannya untuk mengakses informasi dimana pun dan kapan pun dengan koleksi yang tentunya lebih lengkap dan mudah dicari. Akan tetapi, berbagai inovasi-inovasi yang telah dikembangkan, perpustakaan digital belum mampu untuk menarik minat pemustaka untuk mengimplementasikannya. Terutama terlihat dari kalanganpeserta didik, yang belum terlalu banyak untuk datang atau bahkan sekedar mengakses perpustakaan dalam bentuk digital tersebut yang justru kehadirannya lebih memudahkan dalam mencari literatur informasi. Mengambil studi kasus dari MAN 1 Blitar, dalam artikel jurnal berikut ini saya akan memaparkan tentang apa saja yang menjadi penyebab masih rendahnya minat peserta didik dalam mengimplementasikan perpustakaan digital. Kemudian, dari sana akantercetus strategi mengenai persoalan tentang bagaimana cara untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mengimplementasikan perpustakaan digital. Kata Kunci: faktor-faktor, implementasi, peserta didik, perpustakaan digital

Full Text:

PDF

References


Adriani, A., Dilla, S., & Iba, L. (2021). Pengelolaan Perpustakaan Digital Pada Perpustakaan SMA Negeri 4 Kendari. Jurnal Literasi Perpustakaan Dan Informasi: Jurnal Penelitian

Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.52423/jlpi.v1i1.16175

Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1–13.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian

Pendidikan Islam, 7(1), 113. ttps://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Prabowo, T. T. (2013). Mengenal Perpustakaan Digital. Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 108–120.

https://www.researchgate.net/publication/305722476_Mengenal_Perpustakaan_Digital/link/

c73551192851c69503e1130/download

Putra, R. P., Ninghardjanti, P., Rapih, S., & Maret, U. S. (2018). Pemberian Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar.

Ridwan. (2019). PENERAPAN APLIKASI SLIMS AKASIA DALAM PELAYANAN INFORMASI PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MATARAM PERIODE 2019 Jurusan Ilmu Perpustakaan , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(0103).

Wibowo, Y. H., Wijayanto, H., & Daryanto, H. K. (2018). Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Perpustakaan Digital (Studi Kasus Pada IPB dan UBINUS). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 431–440. ttps://doi.org/10.17358/jabm.4.3.431

Widayanti, Y. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Digital. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(1), 125–137. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1579




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.13096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia