Transformasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Pada Masa Pademi Covid-19

Purniadi Putra, Arnadi Arnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis transformasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan semua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Milles & Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi model pembelajaran PAI yang digunakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas selama masa pandemi Covid-19 yakni blanded learning dengan menggunakan media sosial seperti Youtube dan Whatsapp. Pembelajaran PAI dengan moda daring dirancang oleh Sekolah menggunakan Grup Whatsapp. Sedangkan untuk pembelajaran PAI dengan moda luring, pertemuan tatap muka secara bergiliran, berkelompok, dan diatur jadwalnya.


Keywords


Model Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arif, M., Munfa’ati, K. and Kalimatusyaroh, M. (2021) ‘Homeroom Teacher Strategy in Improving Learning Media Literacy during Covid-19 Pandemic’, Madrasah, 13(2), pp. 126–141. doi: 10.18860/mad.v13i2.11804.

Ashari (2021) Wawancara dengan Guru Kelas. Sambas.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020) ‘Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), pp. 82–93.

Besand, A. (2020) ‘The crisis as an opportunity to learn. Or: “collateral civic education” in the context of the covid-19 pandemic an essay in times of crises’, Journal of Social Science Education, 19(Special Issue 1), pp. 8–14. doi: 10.4119/jsse-3488.

Darwadi (2021) Wawancara dengan Kepala Sekolah SDIT Sulthoniyah Sambas Proses Pembelajaran. Sambas.

Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

Dokumentasi (2021) Hasil Dokumentasi MIN 2 Sambas. Sambas.

Fauzi, I. and Sastra Khusuma, I. H. (2020) ‘Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions’, Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), pp. 58–70. doi: 10.25217/ji.v5i1.914.

Fauzi, M. (2020) ‘Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Al-Ibrah, 2(2), pp. 120–145. Available at: https://ejournal.stital.ac.id./index.php/alibrah/article/view/104/88.

Hamdah (2021) Kepala Madrasah Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Sambas.

Juniardi, Putra, P. and Jaelani (2021) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Demokratis Dan Permisif Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Di Sdn 32 Tanjung Bakau Kecamatan Teluk Keramat’, Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), pp. 23–30.

Khurriyati, Y., Setiawan, F. and Mirnawati, L. B. (2021) ‘Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), p. 91. doi: 10.30659/pendas.8.1.91-104.

Kurniadin (2017) ‘Inovasi Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 21–25. Available at: http://www.elsevier.com/locate/scp.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P. and Putra, D. A. (2020) ‘Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19’, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), pp. 1–8.

Laily, N. and D.Wahyuni (2020) ‘The Effect of Personality, Self Efficacy, and Locus of Control On The Success Of Javanese Female Merchants In Surabaya’, Indonesian Journal Of Business & Entreprenurship, 6(1), pp. 66–73.

Moleong, L. J. (2005) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mubin, M. N. (2021) ‘Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat’, EUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), pp. 16–31. Available at: https://scholar.google.com/scholar_url?url=http://202.0.92.5/tarbiyah/HJIE/article/download/3915/2059&hl=en&sa=T&oi=gsb-gga&ct=res&cd=0&d=8675155342252416100&ei=M-2fYMDLLYvuygS1n6yADg&scisig=AAGBfm2H44Vl1XDCrmPcb8Nar1kjrFKNZA.

Mulyanti, B., Purnama, W. and Pawinanto, R. E. (2020) ‘Distance learning in vocational high schools during the covid-19 pandemic in West Java province, Indonesia’, Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), pp. 271–282. doi: 10.17509/ijost.v5i2.24640.

Nurul Waizah (2021) Wawancara dengan Guru Wali Kelas MIN 2 Sambas. Sambas.

Putra, P., Liriwati, F. Y. and Tahrim, T. (2020) ‘The Students Learning from Home Experience during Covid-19 School Closures Policy in Indonesia’, Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), pp. 30–42.

Putra, P. and Putri, H. (2021) ‘Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar Islam Pada Masa Pandemi Covid-19’, in Wajah Pendidikan Era New Normal. Malang: CV. Pustaka Learning Center.

Report ECLAC-UNESCO (2020) Education in the time of COVID-19 COVID-19. Amerika Serikat.

Ririn Puspita, T., Niko Kurniawan, L. and Karim, N. (2020) ‘Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19’, Juurnal Komunikasi Masyarakat dan Keamanan (KOMASKAM), vol.2, No(26556–6125), pp. 1–15.

Saputra, D., Putra, P. and Sari, W. P. (2021) ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19’, Cross-border, 4(2), pp. 87–95.

Surandika, A. A. A. G. S. A. J. (2020) ‘Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An – Nizomiyah’, in Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ. Jakarta: LPPM UMJ, pp. 161–171. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8781.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y. and ... (2021) ‘Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19’, Mimbar Pgsd …, 9(1), pp. 1–9. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29923.

Yusmahega (2021) Wawancara dengan Wakil Kurikulum SD IT Sulthoniyah Sambas. Sambas.




DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.12948



Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Madrasah Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang



Information

EDC, Punjabi UniversityFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jalan Gajayana No. 50 Kota Malang, Indonesia
bhouhttp://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/
madrasah@uin-malang.ac.id
See the source image@j.madrasah.ppd
See related image detail@j.madrasah.ppd
Phone 081216703170
See the source imageFaks 081216703170

Indexed

index width="100" 

  


 


Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar  Creative Commons License  This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright  ©2021 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Powered by Open Journal Systems.