Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar

Miftah Audhiha, Rian Vebrianto, Mhmd Habibi, Asyti Febliza, Zul Afdal

Abstract


Instrumen penelitian adalah faktor paling berperan penting dalam sebuah penelitian. Dengan adanya instrumen penelitian yang valid maka akan diperoleh hasil penelitian yang valid pula. Namun, jika instrumen penelitian yang digunakan dalam sebuah penelitian tidak valid, maka hasil yang didapatkan tentu tidak sesuai dengan harapan. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur objek dari sebuah variabel penelitian. Selain itu, instrumen penelitian digunakan juga untuk mengumpulkan data. Penelitian ini akan menguji sebuah instrumen kemandirian belajar yang sudah dikembangkan oleh peneliti. Instrumen kemandirian belajar yang dikembangkan terdiri dari 5 indikator yaitu: 1) inisiatif dalam belajar, 2) percaya diri, 3) tanggung jawab, 4) pemecahan masalah, 5) kontrol diri. Penelelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Berdasarkan analisis data, hasil akhir validasi dengan validator diperoleh nilai dengan skor 85% dengan kategori sangat baik. Kemudian, analisis data menggunakan SPSS Versi 26.00 for Windowsuntuk melihat konsistensi internal dengan menggunakan Cronbach Alpha yang melibatkan 50 orang siswa kelas V Sekolah Dasar yang dipilih secara stratified sampling dan random. Hasil validitas dari instrumen ini ditemukan 3 pernyataan tidak valid dan 37 pernyataan dinyatakan valid. Untuk itu item yang dinyatakan tidak valid tidak bisa digunakan dalam mengukur kemandirian belajar siswa. Hasil reliabilitas instrumen ini dinyatakan reliabel karena memiliki cronbach Alpha yang tinggi (0,947 > 0,6). Untuk itu, instrumen kemandirian belajar ini dapat digunakan untuk mengukur kemandirian belajar siswa.


Keywords


Instrumen Penelitian; Kemandirian Belajar; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Audhiha, M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 4(1), 1–168.

BsY, B. (2012). Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v1i1.148

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting Abd Evakuating Quantitative dan Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education, Inc.

Fahruna, Y., & Fahmi, M. (2017). Validitas dan Reliabilitas Konstruk Pengukuran Perpustakaan Ideal Berbasis Pemakai dengan Pendekatan LIBQUAL. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 161.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Babin, B. J., Tatham, R. L., & Black, W. . (2006). Multivariate Data Analysis. Pearson Educational International.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hidayati, K., & Listyani, E. (2012). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Huda, F. A. (2018). Pengembangan Instrumen Peneltian.

Indrayani, L., Djuniadi, & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Peminatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Semarang. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 39–4.

Isti Pujihastuti. (2010). ‘Isti Pujihastuti Abstract. Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), h.44.

Jorge Zettel. (2001). Methodological Constraints, Critics, and Technology Acceptance: An Experiment.

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Pustaka Belajar.

Muhidin, S. A. A. (2017). Analisis Korelasi Regresi dan Jalur dalam Penelitian. CV Pustaka Setia.

Najib, D. A., & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.

Nunnally, J. (1978). The Study of Change in Evaluation Research: Principal Concerning Measurement, Experimental Design and Analysis. Sage Publication.

Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 21–26. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Eli31

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Setyawati, R. D. (2017). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa ditinjau Dari Validitas dan Reliabitas. Jurnal Phenomenon, 7(2), 174–.

Straub, D., & Gefen, D. (2004). Validation Guidelines for IS Positivist Research. Communications of the Association for Information Systems. 13(March). Https://Doi.Org/10.17705/1cais.01324.

Suharman. (2018). Tes sebagai alat ukur prestasi akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 93–115.

Susilowati, A. (2018). Pengaruh PBL terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.9392

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook. Bloomington: Center for innovation on Teaching the Handicaped.

Thoifa, I. (2021). The Role of WhatsApp for Madrasah Ibtidaiyah Teachers in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 1. https://doi.org/10.18860/mad.v14i1.13145

Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407

Wahyuni, E. N., Aziz, R., Wargadinata, W., & Efiyanti, A. Y. (2021). Investigation of Primary School Teacher Readiness in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 97–113. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11343

Yusup. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–2.




DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.13187



Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

            

 

Creative Commons License

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Madrasah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: madrasah@uin-malang.ac.id
Website:https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah

12djarum

loker situbondo

daihatsu situbondo