Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Siswa Kelas IV SDN Bringin

Ramijan Ramijan

Abstract


Model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran PKn diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mengetahui penerapan model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan? (b) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bringin tahun pelajaran 2014/2015? (c) mengetahui aktifitas dan minat belajar siswa kelas IV SDN Bringin tahun pelajaran 2014/2015 terhadap pelajaran PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Treffinger? Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-Posttest desaign dan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN Bringin tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata peningkatan prestasi belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata gain skor yang dinormalisasi siklus I sebesar 0,35 dengan kriteria sedang dan siklus I sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi

Keywords


Pembelajaran PKn; Model Pembelajaran Treffinger; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/jt.v9i2.4791



Copyright (c) 2017 MADRASAH



Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: madrasah@uin-malang.ac.id    web: Madrasah
 

View My Stats

Creative Commons License

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2018 Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Powered by Open Journal Systems.