Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013

Arif Widodo, Dyah Indraswati, Radiusman Radiusman, Umar Umar, Nursaptini Nursaptini

Abstract


The purpose of this study is to analyze the content or problems presented in a student's book in accordance with the criteria as teaching materials with high-level skills in elementary school. The study uses content analysis methods with stages of data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data collection is done by rubrics then presented in graphical form. The data source in this study is the 2013 thematic integrated curriculum book for elementary / MI class V theme 6 "Heat and Displacement". Based on the results of this study it can be seen that in the student book there is a LOTS load of 36%, HOTS content gets a percentage of 64%. The percentage of each cognitive level (C-4) is 35%, Evaluation (C-5) is 33% and Creation (C-6) is 32%. The results of the analysis of these data indicate that in the book students have presented content that contains HOTS and is feasible to be implemented in learning.

Keywords


HOTS, Student Book, SD/MI Class V, Curriculum 2013

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi: Sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keIndonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/download/-9144/5681

Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/-um009v26i12017p014

De Momando, D. R. (2016). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75–85.

Elyana, Yennita, & Fakhruddin. (2017). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa MAN 2 Model Pekanbaru dalam menyelesaikan soal ujian nasional Fisika tingkat SMA/MA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–9.

Fajrin, N. D., Akbar, S., & Sutarno. (2013). Analisis kesesuaian buku siswa Kelas V tema peristiwa dalam kehidupan dengan karakteristik pembelajaran tematik dan pendekatan saintifik. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi, (1), 233–238. Retrieved from http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/28.pdf

Fajriyah, K. (2018). Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SD Pilot Project kurikulum 2013 Kota Semarang. Elementary School 5, 5(September 2017), 1–6. Retrieved from https://lp3m.unud.ac.id/img/admin/download/279839-edac8bc5c9e515fb663e7f5d97.pdf

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Kemendikbud. (2017). Panas dan perpindahannya: Tema 6 buku tematik terpadu kurikulum 2013 (SD/MI Kelas V) (Revisi). Retrieved from https://bsd.pendidikan.id-/data/2013/kelas_5sd/siswa/Kelas_05_SD_Tematik_6_Panas_dan_Perpindahannya_Siswa_2017.pdf

Maharani, A. D., & Utami, T. S. (2019). HOTS pada assesment pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPA siswa sekolah dasar. In G. Yansaputra (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (pp. 502–510). Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1059

Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam membaca pemahaman melalui model fives dan model guided reading. Dinamika, 10(2), 44–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889

Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2018). Pengembangan bahan ajar bermuatan High Order Thinking Skill ( HOTS ) pada pembelajaran tema persatuan dalam perbedaan. In H. D. Santoso, A. Hendra Saptad, A. Yanto, & E. Yuliyanto (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1, pp. 531–538). Retrieved from http://prosiding.-unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/16/17

Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2019). Analisis kebutuhan bahan ajar bermuatan keterampilan berpikir tingkat tinggi di Sekolah Dasar. Elementary School 6 (2019), 6(1), 27–32.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/17824/8934

Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan berfikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika ditinjau dari kemampuan number sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.11699

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik, 04(01), 81–93.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 439–444. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10002/6556

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2017). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.




DOI: http://dx.doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744



Copyright (c) 2019 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: madrasah@uin-malang.ac.id    web: Madrasah
 

View My Stats

Creative Commons License

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2018 Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Powered by Open Journal Systems.