IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK TUNAGRAHITA

Dina Novita Amaliyah, Abdul Ghafur

Abstract


Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam di dunia dan diwajibkan bagi kita untuk mempelajarinya. Sebaiknya mendidik anak untuk belajar Al-Qur’an bisa dimulai sejak dini guna untuk memahami Al-Qur’an, khususnya pada anak yang berkebutuhan khusus seperti anak Tunagrahita, mereka harus mendapatkan pendidikan akademik dan keagamannya. Namun banyak anak yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Proses Impelementasi Metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak Tunagrahita di TPQ Darul Hamdi Malang, Sistem Evaluasi dalam Implementasi Metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak Tunagrahita di TPQ Darul Hamdi Malang, Implikasi penerapan Metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak Tunagrahita di TPQ Darul Hamdi Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dan memakai metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses implementasi Metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak tunagrahita di TPQ Darul Hamdi dijadikan dalam satu kelas dengan anak yang normal, akan tetapi dibedakan dalam cara mengajarnya. Pembelajaran bagi Anak Tunagrahita ini membutuhkan waktu yang cukup lama, pada pembelajaran ini menggunakan rmetodologi klasikal dan individual. Sistem evaluasi dalam implementasi Metode Qiro’ati yaitu evaluasi pembelajaran setiap hari dan evaluasi pada kenaikan jilid. Implikasi penerapan Metode Qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik, sesuai ilmu tajwid, makhorijul khuruf, menghafal surat pendek dan do’a sehari-hari.


Keywords


Metode Qiro’ati; Al-Qur’an; Anak Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidik Dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 5(2), 1–16.

Arikunto, S., & Jabar, S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Fauziah, S. B., Mahmudah, F. N., & Susatya, E. (2020). Strategi Pembiasaan Karakter bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 21–30.

Hamdan. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.

Hermanto. (2008). Kemampuan Guru dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Dinamika Pendidikan, 15(2), 94–107.

Hernani, Sowiyah, & Sumadi. (n.d.). MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) (Studi Multi Situs Di SMPN 9 dan SMPN 10 Metro). 1. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Moloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Nopprima, A. L., Sumadi, S., & Rini, R. (2014). Manajemen Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 1(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/3978

Noviandari, H., & Huda, T. . (2018). Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Pgri Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Psikologi, 5(1), 29–37.

Nuraeni, S. H., Rachim, H. A., & Gutama, A. S. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13653

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, (2002).

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Wati, D. S. (2017). Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Tunagrahuta Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Luar Biasa (LB) Banjarnegara. IAIN Purwokerto.

Zarkasyi, D. S. (1996). Empat Langkah Pendirian TK I/TPQ Metode Qiro’ati. Yayasan Pendidikan Qur’an Roudhotul Mujawwidah.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v2i2.11468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool