Uji Model Instrumen The Mathematical Development Beliefs Survey (MDBS) Pada Pendidikan Prasekolah

Melly Elvira, Syamsir Sainuddin

Abstract


Pembelajaran matematika diusia anak usia dini menjadi perdebatan banyak ahli. Beberapa menganggap bahwa dalam menghadapi dunia modern abad 21, matematika menjadi modal awal untuk berkembang dan bersaing. Ahli lain menganggap anak usia dini masih usia bermain sehingga matematika belum menjadi prioritas dalam pembelajaran prasekolah. Oleh karena itu, melalui penelitian ini peneliti akan menguji model instrumen The Mathematical Development Beliefs Survey (MDBS). Metode penelitian menggunakan metode survey dengan responden calon guru pendidikan anak usia dini sebanyak 34 responden. Analisis data menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk menguji validitas, sedangkan reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Deskripsi hasil penelitian ini lebih lanjut dipaparkan pada bagian pembahasan artikel ini. Harapannya instrumen ini dapat digunakan untuk menganalisis persepsi guru maupun calon guru paud terhadap pembelajaran matematika pada pendidikan prasekolah.

Keywords


Pembelajaran Matematika; Pendidikan Anak Usia Dini; Reliabilitas; Survei; Validitas.

Full Text:

PDF

References


Ary, D., Jacob, L. C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education. (C. Shortt, Ed.) (Eight Edit). Wadsworth Cengage Learning.

Clements, D.(2004). Engaging Young Children in Mathematics: Standars for Early Childhood Mathematics Education, D.H. Clements dan J. Sarama (Editors), Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.,

Kaplan RM and Saccuzzo DP (2005) Psychological Testing: Principles, Applications and Issues. Belmont, CA: Wadsworth Thomson Learning

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Platas, Linda. (2014). The Mathematical Development Beliefs Survey: Validity and reliability of a measure of preschool teachers’ beliefs about the learning and teaching of early mathematics. Journal of Early Childhood Research. 1-16.

Retnawati, H. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Skor Tes Kemampuan Calon Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2).

Saifuddin Anwar. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wright, R. J. (2008). Educational assessment. California: Sage Publications.

Zainudin, A. (2014). Validating the measurement model : CFA. A Handbook on Structural Equation Modeling, 54–73.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool