APLIKASI PERMAINAN SUDOKU HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKTRACKING DAN MULTIPLICATIVE CRNG SEBAGAI PEMBANGKIT DAN PENYELESAI PERMAINAN
Abstract
Algoritma Backtracking (Runut-Balik) merupakan algoritma yang sangat baik dalam menyelesaikan permasalahan yang memiliki banyak kemungkinan karena algoritma ini tidak memeriksa semua kemungkinan yang ada. Algoritma ini hanya mempertimbangkan kemungkinan yang mengarah kepada solusi, sehingga proses pencarian menjadi jauh lebih cepat. Algoritma Multiplicative CRNG adalah algoritma pembangkit bilangan acak yang baik karena tidak membangkitkan bilangan yang sama secara berturut-turut. Pembangkit dan penyelesai permainan Sudoku Hijaiyah merupakan permasalahan yang dapat diselesaikan dengan baik menggunakan perpaduan antara algoritma Backtracking dan algoritma Multiplicative CRNG.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.18860/mat.v0i0.2426
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Misbakhul Mustofin, Hani Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The journal is indexed by :
_______________________________________________________________________________________________________________
Editorial Office:
Informatics Engineering Department
Faculty of Science and Technology
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: matics@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA 4.0.
© All rights reserved 2015. MATICS , ISSN : 1978-161X | e-ISSN : 2477-2550