APLIKASI PERMAINAN SUDOKU HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKTRACKING DAN MULTIPLICATIVE CRNG SEBAGAI PEMBANGKIT DAN PENYELESAI PERMAINAN

Misbakhul Mustofin, Hani Nurhayati

Abstract


Algoritma Backtracking (Runut-Balik) merupakan algoritma yang sangat baik dalam menyelesaikan permasalahan yang memiliki banyak kemungkinan karena algoritma ini tidak memeriksa semua kemungkinan yang ada. Algoritma ini hanya mempertimbangkan kemungkinan yang mengarah kepada solusi, sehingga proses pencarian   menjadi   jauh   lebih   cepat.   Algoritma   Multiplicative  CRNG  adalah algoritma  pembangkit  bilangan  acak  yang  baik  karena  tidak  membangkitkan bilangan yang sama secara berturut-turut. Pembangkit dan penyelesai permainan Sudoku Hijaiyah merupakan permasalahan yang dapat diselesaikan dengan baik menggunakan  perpaduan  antara  algoritma  Backtracking  dan  algoritma Multiplicative CRNG.

 


Keywords


Backtracking; Multiplicative CRNG; Sudoku

Full Text:

Doc PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/mat.v0i0.2426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Misbakhul Mustofin, Hani Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

The journal is indexed by :

Dimensions Sinta CrossRef GoogleScholar
Index Copernicus Moraref Portal Garuda

 

_______________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Informatics Engineering Department
Faculty of Science and Technology
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: matics@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA 4.0.
© All rights reserved 2015. MATICS , ISSN : 1978-161X | e-ISSN :  2477-2550