Analisis Dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (SST) Dengan Pendekatan PIECES Pada STMIK Pradnya Paramita Malang

Indah Dwi Mumpuni, Weda Adistianaya Dewa

Abstract


Abstract - Kebutuhan akan sistem informasi telah memberikan dampak atau pengaruh terhadap sebuah institusi atau organisasi. Bukan organisasi saja melainkan sampai dengan bisnis dan transaksi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan sebuah sistem dari Self Services Terminal (SST) dan berdasarkan analisis PIECES sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan yang kemudian diperlukan pengembangan Self Services Terminal (SST) guna kemajuan STMIK Pradnya Paramita Malang. Metode PIECES yang terdiri dari Performance, Information/data, Economic (ekonomi), Control/security, Efficiency, Service. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data dan pengembangan sistem. Hasil dari penelitian adalah adanya perbaikan, pengembangan berdasarkan analisis PIECES yang bermanfaat bagi seluruh pihak yang menggunakan SST. Berdasarkan Kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden dengan kerangka kerja PIECES Sistem SST pada STMIK Pradnya Paramita Malang adalah baik dengan sebagian besar responden memberikan jawaban baik sebesar 47% dengan nilai 3,52, sedangkan masing-masing aspek yang terdiri dari pertama Aspek Performance (Kinerja) adalah baik dengan nilai 3,48, Kedua, aspek information (informasi) adalah baik dengan nilai 3,64, Ketiga, aspek economic (ekonomi) adalah cukup baik nilainya 3,08, Keempat, aspek control (kontrol) adalah baik dengan nilai 3,64, Kelima, aspek efficiency (Efisiensi) adalah baik dengan nilai 3,55 dan Keenam, aspek services adalah baik dengan nilai 3,69.

 

Keywords


Analisis, PIECES, Self Srvice Terminal

Full Text:

PDF

References


Nuryati dan Widayanti, Nurzara A. 2015. Jurnal Manajemen Informasi kesehatan Indonesia. ISSN:2337-585X, Vol.3, No.1, Maret 2015

Ragil, Wukil. 2010. Pedoman Sosialisasi Prosedur Opersasi Standar. Jakarta. Mitra Wacana Media

Rosa, Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Tullah dan Hanafri. 2014. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces. Jurnal Sisfotek Global (ISSN : 2088 – 1762 Vol 1 / Maret 2014).

Wicaksono, A. 2012. Perancangan sistem akuntansi penjualan tunai terkomputerisasi pada AL ISHBA Karpet. Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012.




DOI: https://doi.org/10.18860/mat.v9i1.4127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Indah Dwi Mumpuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: matics@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
© All rights reserved 2015. MATICS , ISSN : 1978-161X | e-ISSN :  2477-2550