Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lovebird Unggul dalam Perlombaan Menggunakan Metode AHP-Topsis

Eka Larasati Amalia, Rudy Ariyanto RDA, Asa Nara Pratama

Abstract


Komunitas Lovebird Indonesia – Wilayah Tuban adalah salah satu komunitas yang tiap tahunnya memiliki agenda perlombaan Beauty dan Singing contest, tetapi proses penilaiannya masih dilakukan secara manual, sehingga tidak menutup kemungkinan pada saat pengambilan keputusan untuk menilai kandidat dilakukan secara subjektif. Selain itu terdapat kesulitan dalam menentukan pembobotan kriteria, sehingga sulit menentukan pembobotan dalam bentuk angka. Dari masalah tersebut, maka Komunitas Lovebird Indonesia – Wilayah Tuban memerlukan sistem pendukung keputusan (SPK) yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Sistem pendukung keputusan menentukan lovebird unggul dalam perlombaan ini diharapkan mampu membantu memangatasi masalah dengan menyesuaikan bobot dan kriteria. Metode yang dignakan adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Aplikasi ini dapat membuat proses penilaian dan pengambilan keputusan menjadi lebih murah karena adanya dukungan dalam pengambilan keputusan. Selain itu seleksi kandidat dalam perlombaan yang dilakukan dengan aplikasi ini dapat memberikan hasil cukup akurat, hal ini terbukti dengan pengujian yang telah dilakukan dari perbandingan seleksi manual dan seleksi sistem dengan keakuratan 98%.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Lovebird, AHP-TOPSIS

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Muhmmad Nur. 2017. Implementasi Metode TOPSIS Dalam Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa Di STMIK MURA. JTI, Vol 9 No.2, Desember 2017. STMIK MUSIRAWAS Lubuk Kupang.

Faradillah, Yanty, dkk. 2019. Model Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Tingkat Kepuasan Konsumen Transportasi Online. JITEKH, Vol 7, No 1, Tahun 2019, 7-14, ISSN 2338-5677, ISSN 2549-6646 Online. Fakultas Teknik Informatika STMIK Harapan Ibu Aceh.

Na’am, Jufriadif. 2017. Sebuah Tinjauan Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Dalam Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Pada Jurnal Bahasa Indonesia. Mediasisfo vol. 11, No 2, Oktober 2017. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

Siswanto, Edi, dkk. 2018. Penentuan Kelayakan Kandang Sapi Menggunakan AHP-TOPSIS (Studi Kasus: UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Singosari). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer vol. 2, No. 12, Desember 2018, hlm. 6322-6330, e-ISSN: 2548-964X. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Wisanti, Widya. 2017. Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Guru Berbasis Web. Jural Instek Vol 2, No 2, April 2017. Jurusan Elektro Universitas Sawerigading Makassar




DOI: https://doi.org/10.18860/mat.v11i1.7690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Eka Larasati Amalia, Rudy Ariyanto RDA, Asa Nara Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

The journal is indexed by :

Dimensions Sinta CrossRef GoogleScholar
Index Copernicus Moraref Portal Garuda

 

_______________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Informatics Engineering Department
Faculty of Science and Technology
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: matics@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA 4.0.
© All rights reserved 2015. MATICS , ISSN : 1978-161X | e-ISSN :  2477-2550