Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus PT.Arma Anugerah Abadi Cabang Sei Rampah)

Paujiah N Harahap, sulindawaty sulindawaty

Abstract


Data mining ialah operasi resourcing dan penggunaan data untuk menemukan pola atau hubungan dari sekumpulan data berukuran besarData mining telah diimpelementasikan pada berbagai aspek, salah satunya pada bidang penjualan produk roti. Pihak perusahaan dapat mengetahui minat pembeli dengan memanfaatkan data mining untuk mengolah data penjualan produk roti. Penelitian ini menganalisis tentang pencarian informasi dari data transaksi penjualan roti menggunakan data mining dengan algoritma apriori. Dengan menggunakan algoritma apriori untuk menentukan pola kombinasi itemset dan aturan asosiasi pada PT. Arma Anugerah Abadi Cabang Sei Rampah, yaitu dengan nilai support dan confidence tertinggi adalah Roti Bungkus Coklat Keju dan Roti Bungkus Pres Kelapa dengan nilai support 17% dan nilai confidence 77%

 



Keywords


Algoritma apriori, data mining.

Full Text:

PDF

References


Prasetyo, E. 2017. “Data Mining: Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB” , Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Pane, D.K. “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Denagan Menggunakan Algoritma Apriori”. Pelita Informatika Budi Darma, 2013. Vol.4 (3), 25-29.

Putria, N.E. “Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel”. Computer Based Information System Journal, 2018, Vol.06 (01), 29-38.

Rahmawati, F., Merlina, N. “Metode Data Mining Terhadap Dta Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori”. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, 2018, Vol.6 (1), 9-20.

Sulindawaty, Muhammad Zarlis, Niskarto Zendrato. “Strategi Peningkatan Penjualan Buku Pada PT. Tiga Serangkai Internasional Dengan Metode Clustering”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K. 2018. Vol 2. 102-110.

Vulandari, R.T. “Data Mining: Teori dan Aplikasi Rapidminer”. Surakarta: PENERBIT GAVA MEDIA, 2017.

Wijayanti, A. “Analisis Hasil Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika(JEPIN), 2017, Vol.3 (1), 60-64.

Anas, A. “Algoritma Apriori untuk Mendapatkan Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Barang”. Jurnal Sains dan Informatika, 2015, Vol.1 (02), 45-59.

M. Ikhsan, M. Dahria, Sulindawaty. “Penerapan Association Rule dengan Algoritma Apriori Pada Proses Pengelompokan Barang di Perusahaan Reatil”. 2011.




DOI: https://doi.org/10.18860/mat.v11i2.7821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Paujiah N Harahap, sulindawaty sulindawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

The journal is indexed by :

Dimensions Sinta CrossRef GoogleScholar
Index Copernicus Moraref Portal Garuda

 

_______________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Informatics Engineering Department
Faculty of Science and Technology
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: matics@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA 4.0.
© All rights reserved 2015. MATICS , ISSN : 1978-161X | e-ISSN :  2477-2550