Implementasi Manajemen Strategi dalam Pengembangan Budaya Organisasi pada Perguruan Tinggi Islam Studi Kasus di UIN Maliki Malang

Aries Musnandar

Abstract


This article elucidated the strategic management of developing Islamic culture
in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki)
Malang. Strategic management could be applied to every organization size and
to every organization level. The strategic management applied from the top to
the lower level units. The development of Islamic culture is an important part
of the mission and vision of UIN Maliki Malang which has experienced on
going metamorphosis starting from IAIN, STAIN, and UIN Maliki Malang.
This case study used a qualitative research method. The reseacher found that,
the changes of UIN Maliki Malang were  relatively fast and this development
certainly needed a careful handling to improve the quality of the noble cause of
education in an Islamic institution. However, the implementation of Islamic
values has still a big gap between values and reality in its application. Control
function of management concept should be applied to ensure the embodying
values to Campus or people. The organizational leadership in the institution
of UIN Maliki Malang needed to be more empowered and implemented in
accordance with the principles of shining noble teachings of the Qur’an and
Hadith. The available resources must be utilized as much as possible. Finally, it
concluded that the concepts of quality improvement management with various
models and approaches that were available should be also embedded in the form
of Islamic values.
Artikel ini memapaparkan tentang manajemen strategik pada pengembangan
budaya Islami di perguruan tinggi Islam, studi kasus di Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Manajemen strategik
bisa diterapkan pada segala ukuran organisasi dan pada setiap level organisasi
dan didalam jenjang organisasi. Manajemen strategik dimulai dari level teratas
dari organisasi strategik hingga tingkat paling bawah pada unit-unit organisasi.
Pengembangan budaya Islami merupakan bagian penting dari manajemen
strategik dalam upaya mencapai visi dan tujuan organisasi UIN Maliki Malang
yang telah mengalami perubahan mulai dari institut cabang Surabaya (IAIN)
sekolah tinggi (STAIN), dan universitas (UIIS) hingga seperti sekarang ini (UIN
Maliki Malang). Dengan menggunakan studi kasus dibawah payung metode
penelitian kualitatif, penulis menemukan bahwa perubahan organisasi UIN
Maliki Malang relatif sangat cepat dan pengembangan (perubahan) ini tentu
membutuhkan penanganan yang cermat dan hati-hati untuk meningkatkan
kualitas tujuan mulia pendidikan pada organisasi Islam seperti di UIN Maliki
Malang. Namun demikian, implementasi nilai-nilai Islam di lapangan masih
terdapat kesenjangan cukup besar antara nilai dan kenyataan. Fungsi pengawasan
semestinya diterapkan untuk memastikan nilai-nilai tersebut melekat erat di
kampus dan sivitas akademika. Kepemimpinan organisasi di lembaga UIN
Maliki Malang tampaknya perlu lebih diberdayakan dan diterapkan sesuai
prinsip-prinsip ajaran mulia yang bersumber pada al-Quran dan Hadist. Berbagai
sumber yang tersedia masih perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk
mencapai tujuan  dari perubahan organisasi tersebut. Pada akhirnya, perubahan
ini meliputi pula konsep manajamen peningkatan mutu dengan berbagai model
dan pendekatan yang dimungkinkan dalam bentuk nilai-nilai Islam.


Keywords


strategic management; change management standar; organization culture; cultural development of Islamic values

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2006). Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: ALFABETA.

Ansoff, H. Igor & McDonnel, Edward J. (1990).Implanting Strategic Management. UK:Prentice.

Anthony-Darden-Bedford. (1992).Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Freeman, R.E. (1995). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Kasali, Renald. 2006. Change. Jakarta: Gramedia.

Lewis, James, (1983). Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators, Massachusetts: Allyn and Bacon Inc.

Luthans, Fred (1992). Organizational Behavior. Sixth edition, McGraw-Hill, Singapore.International Edition.

Mardiyah (2012). Kepemimpinan Kyai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Malang. Aditya.

Musnandar, Aries. Perubahan Organisasi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia Dalam Menghadapi Persaingan Global. Jurnal Ulul Albab. Vol 12, No. 2. Tahun 2011.

Ndraha, Taliziduhu. (1997). Budaya Organisasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Owens, Robert. (1987). Organizational Behaviorin Education. New Jersey. Prentice Hall.

Pearce II, John A. & Robinson Jr, Richard B. (1991).Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. Boston: Irwin.

Sharplin, Arthur, (1985). Strategic Management.Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Siagian, Sondang P., (2005). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Slamet Raharjo (2004). Memadu Sains dan Agama Menuju Universitas Islam Masa Depan, Kerja sama UIN Malang dengan Bayumedia.

Soekarto Indrafachrudi (1994), Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orang Tua Murid dan Masyarakat, Malang, IKIP Malang.

Sonhadji, Ahmad, (2003). Modul Analisis Swot: Suatu Analisis Lingkungan Dengan Menggunakan Manajemen Strategik. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Sonhadji, Ahmad, (2003). Modul Manajemen Strategik: Formulasi dan Implementasi Strategi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Stephen P. Robbins (1996). Perilaku Organisasi Konsep Kontroversi Aplikasi, Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, PT Prenhallindo.

Suprayogo, Imam. Mimpi-mimpi UIN Malang Menuju Prestasi Gemilang Visi, Misi, dan Tradisi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (2010).

Kumpulan Materi Matakuliah Kewirausahaan SWOT atau analisa KeKePan oleh Aries Musnandar, FE UB Malang (2007-2011).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ua.v0i0.2324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Kantor Informasi dan Publikasi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Gedung Rektorat Lt.4
Jalan Gajayana No. 50, Malang 65144
Faks. (0341) 572533
Email: jurnalululalbab@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.